Pemko Bagikan Beras CPPD bagi Ribuan KK Terdampak Banjir di Pekanbaru

Muflihun110.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Warga terdampak banjir di Jalan Nelayan, Kota Pekanbaru menerima bantuan beras yang merupakan beras Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD) Kota Pekanbaru.

Penerima bantuan beras ini merupakan warga terdampak banjir di Kecamatan Rumbai. Bantuan beras juga disalurkan ke warga terdampak banjir lainnya di Kota Pekanbaru.

Bantuan beras disalurkan sejak Minggu sore, 28 Januari 2024. Total saat ini tercatat sekitar tiga ribu kepala keluarga atau KK terdampak banjir selama hampir dua bulan di awal tahun 2024.

"Beras ini untuk mengurangi beban masyarakat, apalagi warga sudah cukup lama terdampak banjir," ujar Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Muflihun, Senin 29 Januari 2024.


Dirinya mengatakan bahwa warga di kawasan itu sudah hampir dua bulan terdampak banjir. Air yang berasal dari luapan Sungai Siak sempat surut tapi kembali pasang naik pada pekan ini 

Muflihun menyadari bahwa dampak banjir di Kota Pekanbaru cukup besar dibanding daerah lainnya di Provinsi Riau. Apalagi sembilan dari 12 daerah di Riau terdampak banjir.

"Kita berharap banjir cepat surut, tapi upaya penanganan warga terdampak banjir terus kita lakukan," sebutnya.

Warga terdampak banjir juga butuh bantuan pelayanan kesehatan. Ia memberi perintah ke Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru agar dokter dari puskesmas rutin memberi pengobatan kepada warga terdampak banjir.

Banyak dari warga yang terdampak banjir saat ini mengalami gatal-gatal. Ia memastikan penanganan serupa juga dilakukan di lokasi terdampak banjir lainnya di Kota Pekanbaru.