Besok Groundbreaking, Revitalisasi Pasar Palapa Ditargetkan Rampung Jelang Akhir Tahun

Pasar-Palapa-Pekanbaru.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Revitalisasi Pasar Palapa, Kota Pekanbaru saat ini tahap persiapan pemasangan pancang pondasi. Rencana prosesi groundbreaking di lokasi revitalisasi pasar di Jalan Durian berlangsung, Rabu 26 Juli 2023, besok.

"Insya Allah Rabu ini, nanti akan kita lakukan groundbreaking untuk Pasar Palapa," ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, Zulhelmi Arifin, Selasa 25 Juli 2023.

Dirinya menjelaskan bahwa revitalisasi Pasar Palapa bisa rampung jelang akhir tahun ini. Ia berharap proses pembangunan pasar tersebut bisa tuntas sehingga dapat berfungsi kembali.

Zulhelmi menyampaikan bahwa revitalisasi berlangsung di bagian belakang Pasar Palapa. Bangunan pasar yang baru nantinya memiliki desain modern agar nyaman bagi pedagang dan pengunjung.


Bangunan Pasar Palapa memiliki rangka baja dengan konsep hall atau aula. Pasar tersebut nantinya berfungsi sebagai pasar basah untuk pedagang sayur, ikan dan daging.

"Itu yang kita revitalisasi, kita remajakan, nanti menjelang akhir tahun harapan kita bisa selesai," paparnya.

Selama proses revitalisasi, para pedagang saat ini berjualan di Tempat Penampungan Sementara (TPS) yang berada di area parkir Pasar Palapa. Pasar yang sudah direvitalisasi dapat menampung sebanyak 80 pedagang.

Anggaran untuk revitalisasi Pasar Palapa ini sebesar Rp 3 miliar yang bersumber dari Kementerian Perdagangan RI. Bangunan pasar dalam revitalisasi ini berbentuk hall dengan ukuran 25 x 30 meter.