Fokus Besarkan Nama Partai, Golkar Urutkan Bacaleg Sesuai Alfabet

Bendera-Partai-Politik.jpg
(Riau Online/Laras Olivia)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kontestasi Pemilu 2024 mendorong seluruh partai politik (Parpol) peserta Pemilu sudah mengajukan dan mendaftarkan bakal calon legislatif (Bacaleg) untuk bertarung, termasuk Partai Golkar. 

Namun, ada yang unik pada penetapan nomor urut bagi Bacaleg di Partai Golkar, ialah dengan mengurutkan berdasarkan alfabet nama. 

Wakil Ketua Umum DPP Golkar, Ahmad Doli Kurnia, mengatakan pendaftaran tanpa menyertakan nomor urut saat mendaftar ke KPU merupakan bagian dari strategi partai berlambang pohon beringin itu. 

"Kita ini satu-satunya partai yang belum menentukan nomor urut. Partai lain sudah, kita masih alfabet, itu bagian dari strategi," kata Doli, Kamis, 6 Juli 2023.


Doli mengatakan selama ini suara yang diperoleh Partai Golkar hanya 12 persen, sisanya hasil kerja Calon Legislatif (Caleg). Intinya, tegasnya, Golkar menginginkan suara dari kedua unsur ini, partai dan Caleg. 

"Semua jajaran partai harus fokus meningkatkan gambar dan nomor 4. Kita mau kuningkan Indonesia dulu, Beringin dulu, 4 dulu," ujarnya.

Kemudian, terangnya, setelah itu Partai Golkar baru fokus menetapkan nomor urut untuk Bacaleg yang sudah didaftarkan, termasuk semua Bacaleg di Provinsi Riau.

"Kerja hanya untuk diri saja atau untuk partai, ini perlu ditegaskan. Kalau elektabilitas partai tak naik, maka akan ditambah beberapa minggu lagi (menetapkan nomor urut). Tapi saya yakin, kami sebulan ke depan sudah punya nomor urut," jelasnya.