Siasat Muflihun Antisipasi Kenaikan Harga Bahan Pokok Jelang Idul Adha

penjual-telur3.jpg
(Robi Susanto/Riau online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Sejumlah komoditi diprediksi mengalami kenaikan harga jelang Idul Adha 2023. Saat ini harga telur ayam ras dan daging ayam mulai merangkak naik.

Harga telur ayam ras di pasaran saat ini mencapai Rp 56 ribu per papan, dari harga Rp 40 ribu per papan. Kemudian daging ayam saat ini sudah Rp 35 ribu per kilogram dari semula Rp 22 ribu.

 

Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun meminta dinas terkait melakukan langkah antisipasi lonjakan harga bahan pokok. Menurutnya, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Pekanbaru saat ini rutin melakukan rapat koordinasi untuk memantau harga.

 

"Kita mencari solusi seperti kemarin Idul Fitri, kita dari jauh-jauh hari mempersiapkan. Yang namanya naik, ya naiklah karena mau lebaran. Tapi kita harus bisa mengontrol jangan berlebihan naiknya," ujar Muflihun, Rabu 31 Mei 2023.

 

Mantan Sekretaris DPRD Riau menyebut, BUMD PT SPM sudah diminta untuk berkoordinasi dengan pihak penghasil guna memastikan ketersediaan bahan pokok.

 

"Kita sudah minta mencari tempat penghasil sembako yang betul-betul bisa kita beli, kita datangkan dengan harga murah," katanya.

 


Menurutnya, harus ada beberapa pilihan tempat untuk mencari perbandingan harga yang murah, dan tidak ketergantungan ke satu pemasok saja.

 

"Kalau hari ini datang cabai dari Sumbar dengan harga tinggi, mau kita jual berapa di pekanbaru. Solusinya, kemarin kami mengecek seluruh distributor di pekanbaru," sebutnya.

 

 

Dirinya meminta agar koperasi yang ada di Pekanbaru bisa diaktifkan. Pada koperasi ini, dikatakan Muflihun bisa dilakukan stok barang sehingga persediaan cukup.

 

"Sehingga bisa kita stok barang ini di koperasi dan nanti kita salurkan di pasar-pasar yang ada di kota pekanbaru ini," tutupnya.