Sampah Kembali Menumpuk di Tepi Jalan Terubuk, Warga Minta Solusi

Tumpukan-sampah16.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Tumpukan sampah menghiasi ruas Jalan Terubuk,  Kelurahan Tangkerang Tengah, Kecamatan Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru. Kebanyakan sampah plastik dan sampah organik.

Warga sekitar pun mengeluhkan kondisi sampah menumpuk dan tidak diangkut. Apalagi aroma tak sedap tercium hingga ke pemukiman warga.

 

"Sampah makin menjadi, baunya sudah sampai ke rumah," ujar Dayat, warga Jalan Terubuk, Rabu 31 Mei 2023.

 

Ia menyebut bahwa kondisi tersebut sudah berlangsung beberapa hari. Pengguna jalan pun terganggu karena ruas jalan itu menjadi akses ke sekolah, tempat ibadah dan juga pasar.

 


"Yang buang bukan warga sekitar ini, di komplek ini ada truk sampah masuk. Sepertinya ini pelaku usaha yang buang sampah dan rumah yang tidak dijangkau truk sampah," paparnya.

 

Menurutnya, petugas sempat datang untuk mengangkut tumpukan sampah. Namun tak lama kemudian sampah kembali menumpuk. Orang tidak bertanggung jawab masih membuang sampah di lokasi yang bukan TPS.

 

"Kemarin memang ada yang ambil sampahnya. Cuma tidak menyelesaikan masalah. Mereka hanya ambil, itu pun tidak bersih dan pergi, besoknya sampah sudah numpuk lagi. Kami warga berharap solusi jangka panjang," ujarnya.

 

Ia berharap ada upaya serius dari pemerintah menangani persoalan sampah. Seperti adanya satgas di lokasi dan juga sanksi bagi oknum masyarakat buang sampah sembarangan.

Sementara itu, Kepala DLHK Kota Pekanbaru belum memberi respon terkait adanya aduan masyarakat soal sampah menumpuk.