Tol Pekanbaru-Bangkinang Sepi, Dewan Minta Pembangunan Lanjut Sampai Padang

Jokowi-resmikan-tol.jpg
(Bagus Pribadi/RIAUONLINE.CO.ID)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sekretaris Komisi IV DPRD Riau, Sugeng Pranoto, berharap pemerintah segera melanjutkan pengerjaan pembangunan Tol Pekanbaru-Padang.

Hal itu dikatakannya, mengingat saat ini Tol Pekanbaru-Bangkinang masih sepi dilintasi kendaraan, sehingga kebermanfaatan pembangunannya terkesan kurang maksimal

"Masih sepi itu karena belum terintegrasi Pekanbaru ke Padang. Masyarakat merasa perjalanannya tanggung, toh nanti sampai Bangkinang balik lagi ke jalan yang bukan tol, apalagi selisih cuma 20 menit paling ya lebih baik lewat jalan biasa karena tak bayar," terang Sugeng, Jumat, 27 Januari 2023.

Menurut Politikus PDI Perjuangan itu, jika Tol Pekanbaru-Bangkinang sudah terhubung ke Sumatera Barat (Sumbar), bakal ramai digunakan oleh masyarakat.

"Saya tak bisa pastikan kapan selesai karena masih ada proses pembebasan lahan. Itu jadi tanggung jawab Riau dan Sumbar, tergantung lahannya dimana," jelasnya.


Ia berharap, jika pembebasan lahan sudah beres sepenuhnya, maka pembangunan jalan tol perlu dipercepat.

"Kalaupun ada masyarakat yang tak mau jual lahan, rute bisa dibelokkan sama yang mau lahannya digunakan," tutup Sugeng.

Sebelumnya, saat meresmikan Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang pada Rabu, 4 Januari 2023, Presiden Joko Widodo, mengatakan pemerintah akan melanjutkan pembangunan jalan tol yang mengelilingi Pekanbaru, salah satunya Dumai.

"Ini terus sampai Padang. Selesainya tak tahu kapan, karena memang masih panjang," terang Jokowi. 

Terakhir, ia berharap adanya jalan tol Pekanbaru-Bangkinang mampu meningkatkan mobilitas barang dan jasa semakin baik, menciptakan sentra ekonomi baru yang dapat membuka lapangan kerja.

"Hari ini saya resmikan Tol Pekanbaru-Padang seksi Pekanbaru-Bangkinang," katanya.