Muflihun Pede Targetkan Adipura di Tengah Masalah Sampah Pekanbaru

Muflihun25.jpg
(Pemko Pekanbaru)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Muflihun mengajak masyarakat untuk ikut bekerjasama dalam menuntaskan satu persatu permasalahan kota bertuah.

Dirinya tak menampik banyak pekerjaan rumah (PR) antara lain, sampah, banjir, jalan rusak serta kesejahteraan. Ia tak bisa menjamin semua PR tersebut bisa tuntas dalam setahun menjabat.

"Seperti masalah banjir, kalau untuk mengikuti master plan, itu tidak akan terkejar. Tapi kalau mengurangi saya bisa. Saya terus berkoordinasi dengan OPD terkait. Kita action, berupaya menyelesaikan bertahap," paparnya, Selasa 5 Juli 2022.

Muflihun menegaskan bahwa Kota Pekanbaru sedang berupaya agar bisa meraih kembali Piala Adipura. Penuntasan masalah sampah kini menjadi satu program prioritas Pemerintah Kota Pekanbaru.

"Satu program prioritas kita saat ini adalah upaya menuntaskan permasalahan sampah di wilayah kota. Kita semua bersama bersatu membangun kota Pekanbaru jadi kota lebih baik ke depannya," sebutnya.

Menurutnya, pembenahan berbagai infrastuktur di berbagai sektor juga jadi perhatian. Tak cuma penanganan banjir, namun layanan kesehatan hingga fasilitas pendidikan.


Permasalahan lainnya juga stau persatu bakal dituntaskan, seperti pembayaran Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP), honor bagi RT/RT serta hingga pembayaran lainnya yang tertunda.

Muflihun menyadari bahwa permasalahan anggaran pemerintah kota juga menjadi perhatian khusus. Ia pun mendorong kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar bisa meningkatkan pendapatan daerah.

"Saya berjanji bayar tukin, nakes dan guru 12 bulan. Maka kita mengajak semua pihak, tanpa ada dukungan semua pihak tentu kita tidak bisa menuntaskan permasalahan ini satu persatu," ulasnya.

Ia menyebut bahwa semua permasalahan bakal dituntaskan seiring menata internal. Ia mengaku, masih ada sejumlah OPD yang belum audiensi dengannya.

 

"Seiring kita menata internal, masih ada kepala OPD yang belum ketemu saya. Padahal saya sudah sebulan lebih menjabat sebagai Pj wali kota," ulasnya.

Muflihun resmi menjabat sebagai Pj Wali Kota Pekanbaru usai menjalani pelantikan, Senin 23 Mei 2022. Ia mengisi posisi Wali Kota Pekanbaru yang berakhir masa jabatannya pada, Minggu 22 Mei 2022.