Keinginan Tjahjo Kumolo Wafat Dalam Bertugas

Menpan-RB-Tjahjo-Kumolo4.jpg
((Suara.com/Yasir))


RIAU ONLINE - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo pernah berkeinginan meninggal dalam kondisi bertugas. Hal ini diungkap oleh Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Fakrullah.

"Dulu beliau pernah punya keinginan meninggal dalam tugas," kata Zudan kepada wartawan, melansir Suara.com, Jumat, 1 Juli 2022.

Bagi Zudan, mendiang Tjahjo bukan sosok asing. Ia menganggap mantan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) itu sebagai guru yang kerap memberinya kesempatan untuk mengembangkan karirnya.

"Saya sedih sekali, saya bersaksi beliau adalah orang baik. Beliau guru saya, mentor politik saya dan memberi saya banyak kesempatan dan keluangan untuk berkembang, berkarya dan berkreasi," tuturnya.

Zudan juga sempat membagikan foto ketika dirinya dilantik Tjahjo sebagai Ketua Umum Korpri untuk periode kedua. Itu menjadi foto terakhir Zudan bersama Tjahjo.

Lebih lanjut, Zudan mengajak seluruh pihak untuk mendoakan yang terbaik bagi mendiang Tjahjo.


"Beliau wafat di hari Jumat penuh barokah. Kita doakan beliau semoga meninggal dalam keadaan husnul khotimah, diampuni dosa-dosanya dan dijadikan sebagai ahli surga."

Tjahjo Kumolo wafat di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta sekitar pukul 11.00 WIB. Tjaho tutup usia setelah berjuang melawan infeksi paru-paru.

Tjahjo meninggal dunia setelah menjalani perawatan selama dua pekan di rumah sakit.

Putri pertama Tjahjo, Rahajeng Widyaswari menyampaikan bahwa mendiang Tjahjo akan dimandikan di rumah dinasnya di kawasan Widya Chandra, Jakarta Selatan.

"Abis ini mau disemayamkan di rumah dinas," kata Rahajeng, Jumat.

Setelah dimandikan, jenazah Tjahjo akan disalatkan di masjid yang berada di dalam lingkungan Kantor Kemenpan RB. Sehabis itu, mendiang Tjahjo akan dimakamkan di TMP Kalibata.

"Nanti mungkin setelah azhar atau setelah disalatkan akan disemayamkan (dimakamkan) di Kalibata."