Riau Sumbang 9, Hari Ini Ada Total 44 Titik Panas di Pulau Sumatera

Pemantauan-titik-panas-di-BMKG.jpg
(RAHMADI DWI/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Forecaster On Duty BMKG Stasiun Pekanbaru, Bibin Sulianto mengatakan, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat adanya kenaikan hotspot atau titik panas di Pulau Sumatera, Kamis, 3 Juni 2021.

 

"Ada 44 titik panas atau hotspot yang tersebar di beberapa provinsi di Sumatera. Sebelumnya hanya ada 34," katanya. 

 

Lebih lanjut, Bibin berujar, 44 titik panas tersebut tersebar di delapan provinsi dengan sebaran terbanyak di Provinsi Sumatera Selatan, lalu menyusul Riau. 

 

Provinsi Bengkulu ada dua titik, Jambi lima titik, Lampung ada tiga titik. Untuk Sumatera Barat ada dua titik. Sumatera Selatan ada 13 titik. 

 

Bangka Belitung sendiri ada delapan titik. "Untuk titik panas di Provinsi Riau sendiri ada sembilan titik," ujarnya. 

 


Untuk wilayah Riau, titik panas berada di Bengkalis satu titik, Kampar satu titik, Pelalawan satu titik, Rokan Hilir satu titik. 

 

 

"Siak ada dua titik, sedangkan Indragiri Hulu ada tiga titik," jelasnya. 

 

Dari jumlah tersebut, seluruhnya berada di level rendah dan sedang. Tepatnya dua titik di level rendah dan 20 titik di level sedang. Hal ini bisa diartikan di wilayah tersebut belum bisa dipastikan ada atau tidak aktivitas kebakaran hutan dan lahan.

 

Sedangkan suhu udara Riau hari ini berada di angka 24.0 – 33.0 derajat celcius dengan kelembapan udara 50 – 95 %. Sementara arah angin berhembus ke arah Tenggara – Barat Daya dengan kecepatan 05 – 36 Km/jam.

 

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.01 – 0.50 meter.