Begini Perkembangan Embarkasi Haji Antara Riau

Plt-Gubri-tinjau-embarkasi-haji.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Setelah Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin dilanjutkan dengan kedatangan pihak dari Kementerian Agama pusat yang meninjau langsung kelayakan langsung dari embarkasi haji antara Riau, bagaimana selanjutnya kabar embarkasi haji Riau?

Asisten I Setdaprov Riau, Ahmad Syah Harrofie mengatakan Pemerintah Provinsi Riau masih menunggu hasil kajian dari kunjungan Kementerian Agama pusat yang memantau kondisi terkini embarkasi tersebut.

"Kita masih menunggu hasil dari kedatangan pihak Kementerian Agama melalui Kasi hajinya kemarin sampai dua hari itu," katanya di halaman kantor Gubernur Riau, Senin, 14 Mei 2018.

Menurutnya, hasil penilaian dari tim Kementerian Agama tersebut akan membawa tim gabungan untuk kembali memantau embarkasi haji antara Riau yang terdiri dari Kementerian Perhubungan, Kementerian Kesehatan sampai Imigrasi.

"Nanti, Kementerian agama itu jika sudah memberikan lampu hijau, maka tim lintasnya yang lebih lengkap lagi akan kembali memantau embarkasi haji antara Riau," imbuhnya.


Sebelumnya, meski sudah memijakkan kaki di Riau, Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin tak bisa menjamin apakah tahun ini Riau dapat mempergunakan embarkasi antara bagi Calon Jamaah Haji (CJH) asal Riau.

Menurut Lukman, merealisasikan embarkasi haji bukan hanya kewenangan dari Kemenang, namun juga melibatkan banyak pihak untuk menentukan apakah CJH asal Riau dapat memanfaatkan fasilitas embarkasi antara tersebut.

"Saya tidak bisa memastikan apakah bisa untuk tahun ini. Karena saya hanya mengatakan kita ikhtiar seoptimal mungkin dan mudah-mudahan bisa direalisasi untuk tahun ini," katanya di VIP bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Kamis, 3 Mei 2018.

Tambahnya, pihak terkait itu seperti maskapai yang akan membawa CJH, pengelola bandara sampai pemerintah Saudi Arabia yang merupakan negara tujuan dari CJH.

"Karena ini ada kaitannya dengan maskapai, Angkasa Pura, bandara sampai pemerintah Saudi Arabia yang negaranya akan didarati," jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin mengatakan bahwa masih ada kendala yang menimpa Calon Jamaah Haji (CJH) asal Riau untuk memiliki sendiri embarkasi haji antaranya.