LE Akan Bentuk BUMD Kelapa Guna Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

LE-kampanye-di-Inhu.jpg
(Hasbullah Tanjung)

LAPORAN: HASBULLAH TANJUNG

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Selain program 1 Desa 1 Miliar, Cagub Nomor urut 2 Lukman Eddy, juga menegaskan dirinya akan menjalankan program Bangkit Perkebunan.

Mantan anggota DPR RI ini, berkomitmen terhadap sektor perkebunan yang menjadi tulang punggung ekonomi masyarakat riau, khsususnya perkebunan kelapa sawit dan kelapa kopra.

"Selain program 1 miliar bagi desa dan kelurahan, kami juga mencanangkan akan membangun Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) untuk kebun sawit, kebun kelapa di Inhil dan kebun lainnya yang menjadi sumber ekonomi masyarakat Riau," ungkapnya, dalam debat publik beberapa waktu lalu.


Dikatakan Politisi yang kerap disapa LE ini, hampir lebih dari 30 tahun perkebunan dimulai, namun hingga kini Riau belum memiliki BUMD.

"BUMD ini selain menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD), BUMD akan kita arahkan menjadi penopang bagi petani kita untuk mengakses modal, pemasaran dan lain sebagainya, terlebih sebentar lagi akan banyak yang replanting," papar Cagubri mantan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) ini.

Sementara itu, anggota DPRD Riau Dapil Inhil yang juga ketua DPW PKB, Abdul Wahid mengatakan bahwa pihaknya tidak hanya akan membangun BUMD yang akan mengelola kelapa di hulu saja tapi juga industri hilir, termasuk pengolahan turunan kelapa yg siap dipasarkan.

Dijelaskan Wahid, BUMD nanti tidak hanya menampung hasil kebun petani tetapi juga mengenai olahan produk turunan kelapa yang siap dipasarkan.

"Sehingga ada daya saing dan standar harga dapat stabil, Karena BUMD ini akan menembus secara langsung pasar ekspor. Tidak tersandra oleh pengusaha swasta yang susah dikendalikan oleh pemerintah daerah," tutupnya.(2)