Seperti Apa Investigasi Rossi terhadap Tewasnya Salom? Ini Hasilnya

Valentino-Rossi-Juara-di-Jerez-Spanyol.jpg
(FACEBOOK/VALENTINO ROSSI VR46 OFFICIAL)

RIAU ONLINEPebalap Tim Movistar Yamaha asal Italia, Valentino Rossi, benar-benar tahu bagaimana memanfaatkan fans yang banyak di MotoGP untuk melacak apa penyebab tewasnya pebalap Moto2, Luis Salom, dalam sesi latihan, Jumat, 3 Juni 2016, di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol. 

 

Hasilnya, Rossi menjelaskan jika insiden mengenskan berujung hilangnya nyawa Salom akibat kesalahan pada mesin motor. Pasalnya, joki tim SAG-Kalex tidak mampu mengontrol kecepatan tunggangannya saat akan menaklukan tikungan 12.

 

"Luis jatuh di tempat yang aneh, sehingga membuat saya berpikir ada kerusakan pada bagian mesin motornya. Saksi mata juga mengatakan kepada saya, ia tidak mampu mengontrol kecepatannya dan seketika menghantam dinding pembatas. Jadi saya mengambil kesimpulan jika motor dikendarainya mengalami masalah teknis," ungkap Valentino Rossi dilansir dari GPOne, Sabtu, 4 Juni 2016. 

 

Tewasnya Salom bermulai saat pebalap Spanyol 24 tahun tersebut memasuki tikungan ke-12. Namun, motor dikemudikannya tampak tidak mampu diajak bermanuver.


 

Baca Juga: Kecelakaan Latihan, Pebalap Moto2 Luis Salom Meninggal

 

Setelah itu, terlihat motor Salom malah nyelonong dengan kecepatan tinggi. Lantas menghantam dinding pengaman tikungan ke-12 di Sirkuit Catalunya. Sebetulnya, korban melepas motornya yang tak mampu dikendalikan di tikungan. Sayangnya, Salom meluncur tepat ke arah motor sehingga tubuhnya menghantam motornya sendiri.

 

"Ini situasi sulit ketika pembalap berada di trek lurus dan menemui tikungan terjal di depan. Tapi jika pembalap mengalami kecelakaan yang 'normal' maka akan mengambil jalur yang berbeda. Namun Salom justru berbeda dan ia berusaha melepas melepas motornya yang tak mampu dikendalikan di tikungan tapi tubuhnya malah menghantam motornya sendiri. Ini adalah hari yang sangat menyedihkan," pungkas Rossi.

 

Simak berita MotoGP lainnya dengan klik di sini.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline