Untuk Lunasi Utang Negara, Kakek Ini Lelang Berlian Seharga Rp 7 Triliun

Berlian.jpg
(KOMPAS.com/SUDDIN SYAMSUDDIN)

RIAU ONLINE - Demi membantu melunasi utang negara, seorang kakek akan warga Desa Bulu Cendrana, Kecamatan Pitu Riawa, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan melelang sebongkah berlian.

 

Berlian milik kakek bernama Qarsing itu akan di lelang dengan harga Rp 6,966 triliun. Rencananya uang hasil lelang itu akan ia sumbangkan.

 

"Jika laku, berlian saya seberat 222 gram ini rencananya sebagian akan saya sumbangkan untuk membayar utang negara," kata Qarsing di rumahnya, seperti dikutip dari KOMPAS.

 

Qarsing mengatakan sebagian hasil dari hasil lelang tersebut akan ia sumbangkan untuk sekolah, peantren dan rumah adat di Kabupaten Sidrap dan Enrekang, yang terkenal dengan sebutan Kota Santri.

 

(Foto: KOMPAS.com/SUDDIN SYAMSUDDIN)


Qarsing, warga Desa Bulu Cendrana, Kecamatan Pitu Riawa, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan, memperlihatkan berlian seberat 222 gram yang dijualnya seharga Rp 6,966 triliun 

 

Keaslian dari berlian tersebut sudah terjamin sebab Qarsing mengklaim sudah banyak calon pembeli yang menemuinya bersama ahli berlian dan mengakui keasliannya.

 

"Namun, mereka tak mampu membelinya," kata Harling, tokoh masyarakat setempat.

 

Alasan Qarsing melelang berlian itu sebab saat ini ia tengah membangun sebuah rumah adat yang terbuat dari kayu dengan 40 tiang penyangga dan sudah mengabiskan dana hingga miliaran rupiah.

 

"Rumah adat ini nantinya dipakai apabila ada acara adat di desa," kata Andi Ucha, pengelola rumah adat milik Qarsing.

 

Jika warga asing berminat untuk membeli berliannya, Qarsing mengatakan bahwa pemerintah berhal menjadi perantara dan berlian tersebut dapat diambil di rumahnya.

 

Melihat kedermawanan Qarsing, Harling berharap negara dapat memberi apresiasi terhadap niat baiknya, terlebih uang hasil lelang tersebut akan digunakan untuk kepentingan rakyat banyak.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline