5 Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan Tubuh

Buah-Mangga2.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE - Mangga adalah salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Mangga memiliki rasa yang lezat dan segar oriental. Biasanya mangga dihidangankan bersama salad, smoothie, es krim maupun nasi ketan. Selain itu, manfaat buah mangga juga banyak untuk kesehatan.

Diketahui, mangga adalah tanaman asli Asia Tenggara termasuk Indonsia, yang mana mereka dikonsumsi lebih dari 4.000 tahun SM. Bagaimana tidak, buah tropis yang lezat ini memang menyehatkan. Untuk selengkapnya, berikut ini manfaat buah mangga yang dikutip dari sejumlah sumber.

1. Melancarkan Pencernaan

Mangga kaya akan serat. Seperti yang diketahui, serat penting untuk pergerakan usus yang baik dan pencernaan yang sehat. Dengan makan 150 gram mangga, Anda mendapatkan 12% dari jumlah serat harian yang direkomendasikan.

2. Kesehatan mata


Wortel dikenal baik untuk mata, tetapi mangga juga mengandung kekuatan super yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Mangga mengandung sejumlah besar beta karoten, yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Vitamin A sangat penting untuk kesehatan mata dan dapat mencegah rabun senja dan mata kering.

3. Menyehatkan Kulit

Jumlah beta karoten dalam mangga tidak hanya berkontribusi pada kesehatan mata, tetapi juga penting untuk kulit. Selain itu, mangga juga mengandung vitamin C yang diperlukan untuk produksi kolagen. Kolagen merupakan protein yang berguna untuk membuat kulit kencang dan elastis.

4. Menurunkan tekanan darah

Mangga kaya akan mineral, seperti potasium dan magnesium yang menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Tujuan utama magnesium adalah untuk mengendurkan otot-otot, termasuk otot jantung. Magnesium juga menurunkan tingkat stres, yang dapat menurunkan tekanan darah. Kalium memiliki efek menguntungkan pada tekanan darah karena melawan efek peningkatan tekanan darah dari natrium (garam).

5. Meningkatkan daya ingat

Mangga mengandung zat tertentu yang disebut asam glutamat. Asam glutamat dikatakan memperkuat memori dan memungkinkan kita untuk berkonsentrasi lebih baik. Selain itu, mangga juga memiliki kandungan yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Artikel ini sudah tayang di suara.com