CEK FAKTA: UAS Menjadi Tersangka, Polisi Amankan Uang Sumbangan, Benarkah?

UAS-jadi-tersangka.jpg
((turnbackhoax.id))

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Beredar narasi yang menyebut bahwa UAS jadi tersangka dan Polri telah mengamankan uang hasil sumbangan umat beredar di media sosial.

Video tersebut diunggah di Youtube oleh akun Suara Inspirasi pada 18/5/2021 dan dibuat dengan durasi sepanjang 10 menit 3 detik.

Di bagian muka video, tampak sosok mirip UAS mengenakan baju tahanan berwarna oranye. Ada pula narasi yang menyebut bahwa UAS akan dijerat pasal berlapis.

Berikut ini narasi selengkapnya:

"Berita Terkini ~ UAS Jadi Tersangka!! Polri Amankan Uang Sumbangan Umat"

"AKHIRNYA TERUNGKAP- POLRI TEMUKAN BUKTI BARU 'UAS TERJERAT PASAL BERLAPIS',"

Lantas benarkah klaim tersebut?


PENJELASAN:

Berdasarkan penelusuran turnbackhoax.id -- Jaringan Suara.com, narasi yang menyebut bahwa UAS jadi tersangka, Polri amankan uang sumbangan umat tidaklah benar.

Faktanya, hingga saat ini belum ada informasi resmi dan tepercaya terkait klaim tersebut. Video yang diunggah dengan menyertakan narasi tersebut pun dinilai tak mengandung informasi pendukung yang valid.

Dalam video itu pun tak ditemui narasi yang menyatakan UAS telah diamankan oleh Polri terkait tuduhan kasus penipuan uang sumbangan rakyat. Video hanya berisi sorotan beberapa tokoh terkait transparansi uang donasi yang telah terkumpul.

Berdasarkan penelurusan melalui yandex, thumbnail video yang menunjukkan UAS menggunakan baju tahanan berwarna oranye bersama Polri adalah hasil suntingan.

Dari hasil penelurusan yandex menunjukkan gambar tersebut identik dengan artikel berjudul "Perkembangan Kasus Memiles, Siapa Lagi Artis yang Diperiksa" yang diunggah di situs kompas.tv pada 21 Januari 2020.

Foto dalam artikel tersebut tidak terdapat sosok UAS yang mengenakan baju tahanan berwarna oranye dan artikel tersebut juga tidak ada kaitannya dengan kabar UAS jadi tersangka.

Video serupa yang menyatakan UAS terjerat kasus penipuan telah banyak beredar di beberapa akun Youtube dan dibagikan melalui beberapa platform media sosial lainnya.

Menanggapi hal tersebut beberapa media pemeriksa fakta telah membantah tuduhan tersebut karena tidak ada informasi dan pemberitaan resmi dan pihak Polri maupun stakeholder lain yang terlibat.

KESIMPULAN:

Berdasarkan hasil penelusuran, dapat disimpulkan bahwa klaim UAS jadi tersangka kasus penipuan uang sumbangan umat adalah salah.

Narasi dalam video tersebut termasuk hoaks dengan kategori konten yang menyesatkan.