Perjalanan Pahit Karir Shin Tae-yong: Dilempari Telur Usai Piala Dunia 2018

Shin-Tae-yong14.jpg
(Twitter @EdanBolaRCBFM)

RIAU ONLINE - Sebelum menjadi pelatih Timnas Indonesia, perjalanan karir Shin Tae-yong ternyata tidak mudah. Ia pernah mendapat perlakukan buruk setelah membawa Timnas Korea Selatan (Korsel) tampil di Piala Dunia 2018.

Empat tahun silam dalam Piala Dunia Rusia Shin Tae-yong merupakan pelatih kepala yang ditunjuk menakhodai Timnas Korsel. Saat itu, mereka tergabung di Grup F.

Dalam turnamen sepak bola terbesar di dunia itu, Korsel harus bersaing dengan sejumlah negara hebat mulai dari Jerman, Meksiko, hingga Swedia.

Perjalanan Timnas Korsel yang dijuluki The Taeguk Warriors itu diiringi kepahitan pada dua laga awal. Mereka mengalami dua kekalahan beruntun melawan Swedia (0-1) dan Meksiko (1-2).

Namun di pertandingan terakhir Grup F, Korsel secara mengejutkan mampu menggulung Jerman dengan dua gol tanpa balas.

Dua gol super telat anak-anak asuh Shin Tae-yong saat itu dicetak oleh Kim Young-gwon (90+3’) dan Son Heung-min (90+6’). Akibat kemenangan ini, Korea Selatan sukses terhindar dari posisi juru kunci, seperti dikutip dari Suara.com, Minggu, 25 Desember 2022.

Meski tak bisa lolos ke fase 16 besar, Korsel sukses membenamkan Jerman di dasar klasemen akhir Grup F.


Sebagian penggemarnya menyambut kiprah yang ditorehkan Timnas Korsel dengan suka cita. Kepulangan Timnas Korsel ke negaranya disambut hangat awak media dan para penggemar.

Namun, sejumlah penggemar merusak penyambutan kepulangan Timnas Korsel di Bandara Incheon. Mereka meluapkan kekecewaannya.

Kedatangan Shin Tae-yong dan anak-anak asuhnya sempat disambut dengan lemparan telur ke arah pemain serta staf pelatih Timnas Korsel. Ada pula penggemar yang melempar bantal ke arah skuad Taeguk Warriors.

Beruntung petugas keamanan sigap meredakan situasi. Area diamankan dan pelaku pelemparan juga ditangkap.

Hanya berselang beberapa, Shin Tae-yong pun memutuskan untuk meletakkan jabatannya sebagai pelatih kepala Timnas Korea Selatan.

Shin Tae-yong pun sempat menganggur selama satu setengah tahun. Hingga akhirnya mendapat pekerjaan baru dari PSSI untuk mengasuh dan membesarkan Timnas Indonesia.

Sejauh ini, Shin Tae-yong sudah memimpin total 24 pertandingan bersama Timnas Indonesia. Dari semua laga itu, 14 di antaranya sukses berakhir dengan kemenangan.

Prestasinya juga patut diapresiasi. Sebab, ia membawa Timnas Indonesia lolos ke final Piala AFF 2020. Tak hanya itu, Shin Tae-yong juga berhasil meloloskan skuad Timnas Senior Indonesia ke putaran final Piala Asia 2023.