Yacht Mewah Kembali ke Malaysia, Mahathir: Terima Kasih Indonesia

Kapal-mewah-Equanimity.jpg
(AP Photo)

RIAUONLINE, KUALA LUMPUR - Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad menyampaikan terima kasih kepada Indonesia, khususnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) atas kembalinya Yacht mewah bernama Equanimity.

Kapal mewah ini sebelumnya pernah disita Bareskrim Polri. Dan akhirnya dikembalikan ke otoritas Malaysia.

Seperti dilansir media lokal Malaysia yang dikutip dari Detikcom, Selasa, 7 Agustus 2018, PM Mahathir menyebut kerja sama pengembalian yacht senilai US$ 250 juta (Rp 3,5 triliun) ini merupakan hasil dari hubungan dekat antara Malaysia dan Indonesia.

"Saya ingin berterima kasih kepada Jokowi, Presiden Indonesia, yang bekerja sama dengan Malaysia," ucap PM Mahathir dalam pernyataan yang diposting via akun Facebook resminya.

"Kami meyakini bahwa yacht itu milik Malaysia karena diyakini itu dibeli dengan uang Malaysia yang dicuri oleh pihak-pihak tertentu," sebutnya. 
"Jika ada siapapun yang mengklaim bahwa yacht itu milik mereka, mereka bisa menunjukkan bukti bahwa mereka memang memilikinya," tegasnya.

"Kami ingin tahu bagaimana mereka berhasil mengumpulkan sejumlah besar uang untuk membeli yacht mahal seperti itu," ujar PM Mahathir.


"Jika mereka punya bukti bahwa mereka membeli yacht itu dengan uang mereka sendiri dan bukan uang curian, mereka memiliki hak untuk mendapatkan kembali yacht itu," imbuhnya.

Namun disebutkan PM Mahathir bahwa penyelidikan oleh Departemen Kehakiman AS mengindikasikan bahwa yacht itu dibeli dengan uang yang dicuri dari perusahaan investigasi negara 1Malaysia Development Berhad (1MDB) yang diselimuti skandal korupsi.

Yacht itu disebut-sebut milik miliarder Malaysia, Low Taek Jho alias Jho Low, yang kini buron.

Seorang sumber menyebut yacht itu telah mendapat izin berlayar dari Dinas Kelautan Batam pada Senin 6 Agustus sekitar 14.30 waktu setempat dan telah berlayar ke wilayah Malaysia sekitar pukul 16.45 waktu setempat.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id