Pensiun, Messi: Timnas Sudah Berakhir

messi.jpg
(INTERNET)

 

RIAU ONLINE - Usai Argentina menaklukkan Cile dalam final Copa America 2016 di Amerika Serikat, Lionel Messi mengumumkan tidak akan memperkuat tim nasional Argentina lagi.

 

“(Timnas) bukan untuk saya. Bagi saya, timnas sudah berakhir. Saya sudah lakukan semampu saya, menyakitkan tidak menjadi juara,” kata Messi, mengutip dari BBC Indonesia, Senin, 27 Juni 2016.

 

Pemain yang dijuluki La Pulga atau 'si Kutu' tersebut telah mengantarkan FC Barcelona meraih delapan gelar juara La Liga dan empat piala Liga Champion.

 

Messi juga meraih penghargaan Ballon d'Orsebagai pemain dunia terbaik sebanyak lima kali. Namun, prestasinya tidak secemerlang itu ketika bergabung dengan timnas Argentina.

 

Selama 11 tahun memperkuat tim berjulukan Albiceleste Messi hanya mampu berkontribusi pada medali Olimpiade 2008 silam. Pada 2007, Messi berada di pihak yang kalah saat Brasil menjadi juara pada final Copa America.

 

Pada Piala Dunia 2014, Messi juga gagal memberikan gelar juara pada Argentina yang dikalahkan Jerman 1-0.

 

Kemudian, Messi tak mampu berbuat banyak saat Cile membungkam Argentina pada laga final Copa America pada 2015 dan 2016, keduanya melalui drama adu pinalti.

 

“Sudah empat final, saya sudah mencoba. Hal itu yang paling saya inginkan, tapi saya tidak bisa mencapainya. Jadi saya pikir sudah selesai,” ujarnya.

 

Dalam turnamen Copa America 2016 di Amerika Serikat, Messi menorehkan rekor dengan menciptakan 55 gol selama 113 kali memperkuat Argentina. Rekor jumlah gol terbanyak untuk timnas Argentina sebelumnya dipegang Gabriel Batistuta yang mencetak 54 gol sepanjang kariernya.