Kota Pekanbaru Masih jadi Tujuan Investasi, Nilainya Tembus Rp 1,6 Triliun

Ilustrasi-Investasi5.jpg
(Foto: Pixabay via kumparan)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kota Pekanbaru masih menjadi daerah tujuan untuk berinvestasi. Nilai investasi di Kota Bertuah ini bahkan mencapai Rp 1,6 triliun hingga Triwulan I Tahun 2024.

"Jumlah itu dihimpun dari Penananam Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Penanaman Modal Asing (PMA) yang masuk ke Kota Pekanbaru. Total semua investasi yang masuk Rp1,6 triliun pada triwulan I," kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru, Akmal Khairi, Rabu, 8 Mei 2024.

Meski begitu, kata Akmal, pihaknya masih berupaya mengejar target investasi dari pemerintah yang dibagi per kabupaten/kota.

Ia menyebut Pekanbaru mendapat target sebesar Rp 5,091 triliun. Sedangkan target Pemerintah Kota yang ada di Renstra sebesar Rp 4,9 triliun


Sementara itu, serapan tenaga kerja Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) pada Triwulan I sebanyak 2.353. Di antaranya TKI sebanyak 2.353, sedangkan TKA tidak ada serapan tenaga kerja.

Sedangkan serapan tenaga kerja Penanaman Modal Asing (PMA), pada Triwulan I ada sebanyak 138. Dengan rincian TKI sebanyak 138 tenaga kerja, sedangkan TKA tidak ada serapan tenaga kerja.

Di sisi lain, DPMPTSP Riau telah menetapkan target realisasi investasi PMDN dan PMA pada wilayah kabupaten kota se-Provinsi Riau untuk tahun ini.

"Penetapan target ini disertai dengan diterbitkannya surat keputusan Kepala DPMPTSP Provinsi Riau," jelasnya.