Daftar Bahan Pokok yang Naik Jelang Idul Adha

Pedagang-bahan-pokok1.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sejumlah bahan pokok menjelang Idul Adha 1444 H mengalami kenaikan. Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM (Disperindagkop UKM) Riau, M Taufik Oh, merincikan sejumlah bahan pokok di antaranya bawang merah, bawang putih, telur ayam, dan daging ayam.

Taufik menjelaskan indikasi naiknya kebutuhan pokok, seperti bawang merah dan bawang putih, karena kenaikan modal pada produsen. Untuk bawang merah berasal dari Jawa Barat (Jabar) dan Sumbar. 

Kemudian, kenaikan daging ayam ras dikarenakan harga pakan yang naik. Sehingga berimbas pada kenaikan harga telur ayam ras yang mencapai 10 sampai 15 persen.

"Untuk bahan pokok lainnya, masih stabil menjelang idul adha. Itu situasi yang dapat kami sampaikan. Sementara, untuk gas LPG 3 kg nggak ada kendala, normal," jelasnya.


Dirinya menegaskan, Pemerintah Provinsi Riau terus berkoordinasi dengan berbagai pihak agar harga kebutuhan pokok tidak merangkak naik. Dengan begitu, kebutuhan pokok masyarakat dapat terpenuhi.

Tak hanya itu, kata dia, Pemda setempat memastikan stok ayam dan daging ayam bisa memenuhi kebutuhan masyarakat. Taufik meyakinkan mencari solusi yang dihadapi peternak terkait naiknya harga pakan.