KPPN Pekanbaru Gelar FGD Keuangan Daerah

Kepala-KPPN-Pekanbaru2.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Pekanbaru telah melaksanakan kegiatan sharing session terkait pengelolaan keuangan daerah yang dilaksanakan mulai 24-27 Januari 2023 melalui media virtual Zoom. 

KPPN Pekanbaru mengundang berbagai praktisi di bidangnya masing-masing untuk menjadi narasumber pada kegiatan tersebut. Para narasumber tersebut adalah Kepala Bidang Anggaran BPKAD Pemerintah Provinsi Riau, Kepala Bidang Anggaran BPKAD Pemerintah Kota Pekanbaru, Kepala Bidang Perbendaharaan dan Kas Pemerintah Provinsi Riau, Sekretaris BPKAD Pemerintah Kabupaten Siak, dan Auditor Madya Perwakilan BPKP Provinsi Riau. 

KPPN Pekanbaru turut mengundang seluruh insan perbendaharaan lingkup Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Riau untuk mengikuti kegiatan sharing session tersebut. Acara dibuka oleh Kepala KPPN Pekanbaru, Arif Khuzaini, dengan memberikan kata sambutan. 

Arif menjelaskan bahwa insan perbendaharaan sebagai financial advisor di daerah tentunya harus memiliki kemampuan dan pengetahuan yang mumpuni juga di bidang pengelolaan keuangan daerah. 


“Kantor Wilayah DJPb di setiap provinsi dan KPPN yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia merupakan perpanjangan tangan Menteri Keuangan untuk mengelola keuangan negara di daerah. Oleh karena itu kita mengadakan kegiatan sharing session ini untuk membekali insan-insan perbendaharaan terkait pengelolaan keuangan daerah agar kiranya tercipta harmonisasi terkait pengelolaan keuangan pemerintah pusat dan pemerintah daerah,” ucap Arif dalam sambutannya membuka kegiatan tersebut. 

Kegiatan yang berlangsung selama 4 hari berturut-turut tersebut berjalan dengan lancar. Berbagai materi terkait pengelolaan keuangan daerah yang dibawakan oleh narasumber dapat disampaikan dengan baik. Mulai dari Konsep Dasar Pengelolaan Keuangan Daerah, Mekanisme Perencanaan dan Penganggaran Keuangan Daerah, Mekanisme Pelaksanaan APBD, Mekanisme Pertanggungjawaban dan Pelaporan Keuangan APBD, dan ditutup dengan materi Pengendalian Internal / Pengawasan dalam rangka Keuangan Daerah Meskipun diadakan melalui media virtual Zoom, hal ini tidak mengurangi rasa antusias peserta dalam mengikuti rangkaian kegiatan. 

Kegiatan sharing session pengelolaan keuangan daerah berlangsung secara interaktif. Para peserta dengan aktif bertanya langsung kepada narasumber tentang materi maupun perluasan materi yang dijelaskan sebelumnya. Para narasumber pun merespons tidak kalah aktif dan nampak menguasai materi yang dibawakan. 

Hal ini ditandai dengan penjelasan yang mudah dipahami dan dapat diterima oleh peserta Melalui kegiatan ini, KPPN Pekanbaru mengharapkan terciptanya transfer ilmu antara pengelola keuangan daerah dengan para insan perbendaharaan. Dan melalui hal tersebut, seluruh insan perbendaharaan dapat menerapkan dan menjadi financial advisor di daerah dengan kemampuan dan pengetahuan yang mumpuni.