Kekayaannya Capai Rp 19 T, Pria Asal Riau Dinobat Jadi Orang Kaya Termuda di Indonesia

Cilliandra-Fangiono.jpg
(Istimewa)


Laporan: Dwi Fatimah

RIAUONLINE, PEKANBARU - Majalah Forbes merilis daftar 50 orang terkaya di Indonesia. Ada sederet nama-nama baru yang masuk ke dalam daftar, salah satunya adalah pengusaha asal Riau, Cilliandra Fangiono.

Cilliandra Fangiono adalah pengusaha asal Riau yang juga putra dari pengusaha sawit kaya asal Riau, Martias yang tak lain adalah pemilik PT Surya Dumai.

Majalah Forbes mencatat, kekayaan Ciliandra Fangiono mencapai US$ 1,37 miliar atau setara dengan Rp 19,30 triliun. Salah satu penyumbang kekayaannya diperkirakan dari lahan sawit yang dikelolanya, yang diperkirakan sekitar 200 ribu hektare.

Dengan kekayaan sebesar itu, dia tercatat sebagai orang terkaya termuda di Indonesia. Cilliandra Fangiono menjadi orang terkaya ke-23 di Indonesia.


Ia meraih gelar sarjana ekonomi dari Cambridge University. Kemudian, Ciliandra juga pernah bekerja sebagai staf pada divisi investasi bank di Meryl Lynch di Singapura.

Nama Ciliandra memang jarang terdengar di Riau, karena dia lebih banyak menghabiskan masa mudanya dengan kuliah di luar negeri.

Pria berusia 43 tahun ini tercatat sebagai CEO dari First Resources Ltd, perusahaan sawit yang terdaftar di Singapura. Meski demikian, perkebunan sawit perusahaan tersebut tersebar di seluruh Indonesia.

Saat ini, bisnis First Resources juga sudah merambah ke beberapa daerah lain di Indonesia, seperti di Kalimantan. Namun kantornya masih tetap di gedung Surya Dumai Pekanbaru.

Pada 2021, keluarga Fangiono mengumumkan perusahaan kelapa sawit FAP Agri akan dikendalikan kakak perempuan Ciliandra, Wirastuty.

First Resource didirikan pada tahun 1992 dan terdaftar di Bursa Singapura sejak 2007. First Resource adalah salah satu produsen kelapa sawit terkemuka di Asia Tenggara yang mengelola lebih dari 200 ribu hektar perkebunan kelapa sawit di Riau, Kalimantan Timur dan Kalimantan Barat.