Aktual, Independen dan Terpercaya


GenBI Datangkan Kevin Hendrawan Pembicara Talkshow Tentang Vlogger

Volgger.jpg
(RIAUONLINE)
RIAU ONLINE, PEKANBARU - Semakin berkembangnya generasi milennial yang menggunakan Youtube dan menjadi vlogger, menjadikan paltform media sosial tersebut makin banyak dikunjungi di internet. Untuk mengoptimalkan pemanfaatannya, Komunitas penerima beasiswa Bank Indonesia, Generasi Indonesia Baru (GenBI), menggelar kegiatan Talk Show yang bertajuk How to be A Vlogger.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kantor Perwakilan BI Riau dengan mengundang Vlogger Nasional, Yohanes Kevin Hendrawan, sebagai pembicara. Kegiatan berlangsung sejak Kamis (17/20/2019) pagi hingga siang. Kegiatan ini mengundang Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM), KOmunitas Youtuber Creator Pekanbaru, dan pelaku vlogger lainnya yang ada di Pekanbaru.

Kepala Perwakilan BI Riau, Decymus, mengatakan dalam sambutannya bahwa informasi yang dikemas dalam waktu yang singkat dan menarik tengah diganderungi masyarakat. Oleh sebab itu, saat ini media Youtube banyak dilihat oleh masyarakat. Pelaku vlogger pun saat ini tumbuh dan berkembang dengan pesat.

Aktivitas yang kini sudah menjadi profesi ini sendiri saat ini sudah semakin eksis. Awalnya vlogger sendiri muncul di awal 2004, dan terus mengalami perkembangan yang pesat hingga saat ini.

"Lewat kegiatan ini, kita mendorong milennial untuk secara bijak menggunakan vlog yang bermanfaat bagi orang lain," ujar Decymus.

Bank Indonesia sendiri juga sudah menggunakan medua vlog sebagai salah satu saluran komunikasi. Mulai dari penyampaian kebijakan seperti moneter, stabilitas sistem keuangan, sistem pembayaran, dan pengelolaan uang rupiah. "Tentu saja hal tersebut disampaikan dengan menarik. Diharapkan peserta di sini juga ikut membantu mensosialisasikan kebijakan BI," tambah Decymus.

Selain memberikan banyak kemudahan, kegiatan vlogging ternyata juga dapat berakibat buruk. Seperti tersebarnya informasi yang kurang bermanfaatm tidak mendidik dan dampak buruk lainnya bagi masyarakat. Hal inilah yang menjadikan pelatihan pembuatan vlog bagi para vlogger dan calon vlogger penting, agar konten yang diciptakan memiliki nilai informasi dan kualitas yang tinggi.

Pada kesempatan ini, Kevin menyampaikan tips dalam menjadi seorang vlogger yang baik. Beberapa hal penting yang menjadi catatannya yakni merespon hal-hal yang lagi viral dan trending, membuat brand yang mudah diingat masyarakat, serta konten yang dibuat sesuai passion.

Talks show ini merupakan salah satu program optimaliasi perpustakaan KPw BI Provinsi Riau pada tahun 2019 untuk meningkatkan kapasitas dan pengelolaan perpustakaan dengan cara yang fun dan menarik. Kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk upaya untuk mencerdaskan masyarakat melalui informasi yang benar dan menarik. (Abe)