Trafik Data Meningkat, XL Gencarkan Investasi

XL-trafik-data.jpg
(SUARA.COM)

RIAU ONLINE, BINTAN - Konsumsi data yang terus meningkat, membuat XL Axiata gencar melakukan investasi di berbagai aspek. Hal itu dikatakan oleh Direktur Teknologi Xl Axiata Yessie D Yosetya.

"Trafik data XL Axiata mencapai 1.280 TB selama 2017. Kami harus terus berinvestasi agar jaringan kami siap untuk melayani trafik yang terus tumbuh," katanya di Bintan, Kamis 26 April 2018.

Langkah investasi yang dilakukan adalah memperluas jaringan XL Axiata ke berbagai pelosok Indonesia. Dengan lebih dari 105 ribu BTS, XL mengklaim telah berhasil meng-cover 93 persen dari total populasi Indonesia.

"Dengan kata lain, jaringan kami sudah menyentuh 406 kabupaten dan 4.226 kecamatan di seluruh Indonesia," lanjutnya, seperti dilansir laman Suara, Jumat 27 April 2018.

Untuk pembangunan fiber optic, Yessie menjelaskan pihaknya sudah menggelar teknologi tersebut hingga 45 ribu km.

Di sisi lain, investasi juga dilakukan di aspek teknologi jaringan. Untuk tahun ini, XL fokus mengembangkan Network Function Virtualization Core, Spektrum Wideband 4G, dan Teknologi 4.5G.

Untuk berbagai langkah pengembangan jaringan di 2018, perempuan lulusan Universitas Satya Wacana itu mengatakan XL Axiata menyiapkan anggaran belanja sebesar Rp7 triliun.

"Kami akan terus mengembangkan diri demi kebutuhan konsumen yang kian meningkat," tutupnya.(2)