Jarak Pandang 700 Meter, Belum Ada Penerbangan

Kabut-Asap-Delay.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, PEKANBARU – Aktivitas penerbangan di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru hingga siang ini masih tertunda lantaran jarak pandang di landasan hanya 700 meter. Menurut Staf Airport Duty Manager, hingga Pukul 14.00 WIB sudah ada 12 penerbangan yang mengalami penundaan.


“Sudah ada 12 penerbangan ditunda hingga siang ini. Belum tahu sampai kapan penundaan berlangsung. Jarak pandang yang terbatas membuat pesawat belum ada yang mendarat,” ujar Hasnan kepada RIAUONLINE.CO.ID, Selasa (15/9/2015) siang.


Hasnan menyebutkan, jadwal penerbangan pagi hari telah dipindahkan ke siang untuk mengantisipasi penundaan yang lebih lama. Pemindahan jadwal tersebut juga karena ada banyak penerbangan yang melakukan pembatalan sejak sehari sebelumnya.


“Dari kemarin, ada 24 penerbangan yang dibatalan karena buruknya kabut asap sehingga status Riau menjadi Tanggap Darurat. Ada 24 penerbangan yang melakukan pembatalan sejak kemarin. Sedangkan untuk penerbangan on-schedule hari ini, ada 2 penerbangan yang batal terbang yakni Citilink dari dan menuju Yogyakarta,” tegas Hasnan.

 

"Berarti hari ini ada 26 penerbangan yang batal terbang dari total penerbangan 66 penerbangan," lanjut lelaki yang kerap dipanggil Onga ini.


Disebutkannya jika tidak ada perbaikan jarak pandang hingga 1000 meter, maka kemungkinan akan ada lagi penerbangan yang dibatalkan. “Kita lihat saja nanti bagaimana perkembangannya. Kalau jarak pandang membaik kemungkinan akan terbang,” tandas Hasnan.