Bocah Main Api, Rumah pun Dilahap Si Jago Merah

Kebakaran.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

Laporan: Azhar Saputra

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Akhyar, warga Jalan Pesisir Gang Singalang RT 02/ RW 06 Kelurahan Meranti Pandak Kecamatan Rumbai Pesisir nyaris kehilangan rumah kontrakannya akibat kebakaran yang terjadi pukul 12.30 WIB, Senin, 11 Juli 2016.

 

Saksi mata Tian menuturkan warga sekitar mengetahui rumah telah terbakar usai mendengar teriakan anak-anak yang semula bermain api di sofa depan rumah.

 

"Awalnya dari anak-anak Mas. Mereka teriak-teriak," ucapnya kepada RIAUONLINE.CO.ID, Senin, 11 Juli 2016.

 

Berdasarkan informasi yang diterima RIAUONLINE.CO.ID dari warga sekitar, api diduga muncul usai beberapa bocah bermain api, kemudian api mulai membesar melahap isi dalam rumah kontrakan yang tengah ditinggalkan penghuni itu.


 

"Saya yakin mereka penyebabnya. Jumlah mereka pun saya enggak tahu berapa. Tapi yang jelas sebelum api membesar mereka sudah main-main di sofa itu. Main api pula," tambahnya.

 

Api yang mulai membesar mulai melahap tiga sofa kemudian menjalar hingga ke dalam rumah. Kemudian, warga sekitar yang mengetahui kebakaran tersebut langsung melakukan upaya pemadaman dengan peralatan seadanya.

 

"Begitu teriakan terdengar, api sudah mulai membesar. Melahap tiga sofa yang berada didepan rumah hingga menjalar ke dalam rumah. Kami pun secara gotong royong siram-siram api itu. Untung lah ada mesin jet Pump milik warga disini juga, itu lah yang bantu kami," imbuhnya.

 

Saat api sudah padam, Tian berkata barulah mobil dari Pemadam kebakaran Kota Pekanbaru tiba, ditambah satu mobil dari PT Chevron yang ikut membantu.

 

"Kira-kira setengah jam api padam baru mereka datang. Tinggal asapnya saja lagi itu yang mereka lahap,"tandasnya.

 

Menurut Tian, pemilik rumah yang sehari-hari berdagang sedang tidak berada di tempat. "Pak akhyar kan tinggal di belakang rumah yang terbakar ini, dan saat kejadian dia tidak ada di rumah, katanya pergi ke Panam. Sampai api ini padam, dia belum nampak lagi," ucapnya.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline