Kebakaran Lahan, 1151 Personel Pasukan Terpadu Dikerahkan

Karhutla-di-Samping-Kantor-Camat-Payung-Sekaki.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/YOLA RISTANIA VIDIANI)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sebanyak 1.151 personel gabungan TNI, Polri dan Manggala Agni dilepaskan ke daerah-daerah rawan kebakaran lahan, Rabu (16/3/2016). Mereka bakal menjadi pasukan cadangan yang akan membantu pencegahan kebakaran lahan dan hutan (Karlahut).

 


Pagi ini, personel gabungan tersebut mengikuti Apel Siaga Pengendalian Karlahut. Bersamaan dengan itu juga di-launching Patroli Pencegahan Terpadu dan Terukur tahun 2016.

 

BACA JUGA : Pagi Ini, Plt Gubernur Riau Laporkan Pajak Tahunan


 

"Pembentukan pasukan terpadu merupakan tindak lanjut dari peningkatan status Siaga Darurat Karlahut yang beberapa waktu lalu sudah ditetapkan oleh Bapak Plt Gubernur Riau," ujar Komandan Tim Satgas Siaga Darurat Karlahut Provinsi Riau, Brigjen TNI Nurendi.

 

KLIK JUGA : Bunda Teresa akan Dijadikan Santa

 

Jumlah pasukan gabungan yang mengikuti apel siaga, kata Nurendi, belum jumlah keseluruhan yang ada. Pasukan yang hadir dalam apel merupakan personel yang masih siaga di markasnya masing-masing. "Kalau sebagian besarnya itu sudah ada di lapangan," tegasnya.

 

Danrem menjelaskan untuk pasukan yang sudah tergelar di lapangan berupa TNI ada 4 SSK, Brimob 1 SSK, Lanal 1 SST, BPBD, Manggala Agni. Banpur ada 6 SSK termasuk kepolisian 1 SSK. "Yang di daerah tidak kita hitung karena itu sudah merupakan wilayah tugas mereka. Jadi kita hitung pasukan dari atas saja," tandasnya.