Tangani Karlahut, Kepala BNPB: Belum Perlu Minta Bantuan TNI Polri

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Willem Rampangilei berjanji akan mengerahkan bantuan dari pusat untuk membantu penanggulangan status Siaga Darurat Karlahut di Riau.

 


BNPB akan segera menurunkan heli dan pesawat Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) untuk Riau jika dipandang penanggulangan sudah membutuhkan bantuan helikopter dari pusat. Sementara ini ada 3 helikopter yang digunakan untuk operasional pencegahan.

 

"Di Riau sendiri sudah ada 3 helikopter yang standby yang selama ini digunakan untuk operasi pencegahan. Ketiganya dipakai untuk kegiatan patroli lahan yang dipinjamkan unitnya oleh perusahaan," ungkap Willem pada wartawan, Selasa (8/3/2016).


 

BACA JUGA : Usai Status Siaga Darurat, Kepala BNPB Langsung Tinjau Riau

 

Pemerintah pusat, kata Willem akan memberikan bantuan fasilitas, logistik dan anggaran yang tidak dimiliki oleh daerah. "Kalau untuk personel kita tinggal meminta bantuan pada TNI dan Polri supaya mereka bisa memberikan bantuan pasukan," ungkapnya.

 

Namun dirinya memandang hingga kini ia memandang belum perlu untuk meminta tambahan pasukan dari TNI dan Polri untuk menanggulangi status Siaga yang sudah ditetapkan oleh Pemprov Riau.

 

"Itu akan kita sesuaikan dengan kebutuhan. Jika memang diperlukan, kita akan segera meminta pada TNI dan Polri. Tapi kalau sekarang, kita menilainya masih bisa kita tanggulangi sendiri," tandasnya.