Anggota DPR RI Asal Riau Mukhniarti Basko Meninggal

Mukhniarti-Basko.jpg
(dprafraksipartaidemokrat.com)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat asal Riau, Mukhniarti Basko, meninggal di Rumah Sakit Gatot Subroto Jakarta sekitar pukul 08.10, Kamis, 28 Januari 2016. Rencananya, jenazah akan dimakamkan di Pekanbaru. 

Kabar duka ini disampaikan koleganya, Fendri Jaswir, melalui media sosial Facebook. “Jenazah Ibu Mukhniarti Basko sudah di Gedung DPR RI untuk dilepas keberangkatannya. Pesawat berangkat pukul 16.50 dari Jakarta,” kata Fendri. Mukhniarti adalah anggota Fraksi Demokrat. Iza meninggal dalam usia 55 tahun.

Wakil Ketua DPRD Riau Noviwaldy Jusman menyebutkan kolega separtainya itu meninggal akibat penyakit kanker yang dideritanya. Menurut Noviwaldy, Mukhniarti sudah cukup lama menderita kanker, bahkan sempat menjalani pengobatan di luar negeri. “Kami sangat kehilangan,” tuturnya. Sebagaimana dilansir dari laman Tempo. (LIHAT: Diberi Nama Menara Dang Merdu, Kantor Bank Riau Kepri Siap Ditempati)


Di mata para rekannya, kata Noviwaldy, sosok Mukhniarti sangat dekat dengan masyarakat. Dia aktif melakukan kegiatan sosial dan silaturahmi di tengah masyarakat, terutama di Pekanbaru.

Mukhniarti merupakan istri pengusaha sekaligus pemilik harian Haluan Riau, Basrizal Koto. Mukhniarti aktif di kancah politik bersama Partai Demokrat. Dia sempat menjabat anggota DPRD Riau periode 2009-2014. Mukhniarti kemudian melenggang ke Senayan sebagai pengganti antarwaktu rekannya, Sutan Soekarnotomo, yang juga meninggal pada 2015.