Ingin Langsing Permanen? Ini Tipsnya.

langsing-diet-olahraga.jpg
(INTERNET)

RIAUONLINE - Setiap orang pasti ingin memiliki tubuh ideal, terutama bagi orang yang memiliki masalah kegemukan.

Saat telah berhasil menurunkan berat badan, tentunya Anda tidak ingin memiliki berat badan seperti sebelumnya dan akan berupaya agar berat badan Anda tetap terjaga ideal.

 

dr. Nadia Octavia Anggota Redaksi Medis Kedokteran Umum
KlikDokter.com akan menjelaskan beberapa cara agar tubuh tetap langsing dan ideal secara permanen.

 

1. Menetapkan tujuan

 

Biasanya orang hanya memfokuskan tujuan menurunkan berat badan untuk menurunkan angka timbangan. Namun, proses menurunkan berat badan tentu tidak terlepas dari perubahan pola diet dan olahraga. Ada baiknya hal ini dijadikan sebagai kebiasaan meskipun telah memiliki berat badan yang ideal.

Tetapkan tujuan yang realistis dan spesifik. Seperti, melakukan jogging 30 menit selam 5 kali per minggu dan tanamkan pada diri Anda bahwa tujuan Anda menurunkan berat badan adalah karena ingin sehat dan jadikan angka timbangan yang bergeser ke kiri sebagai bonus.

 

2. Mengetahui faktor pencetus


 

Cobalah untuk merubah kebiasaan untuk makan berlebih pada situasi-situasi tertentu, seperti saat lembur, bosan atau stres. Anda bisa mengganti kebiasaan itu dengan melakukan yoga untuk menenangkan pikiran Anda.

 

Jangan lupa untuk menyingkirkan camilan yang tidak sehat. jika camilan-camilan tersebut masih ada di sekitar Anda, tentunya akan membuat Anda lebih mudah untuk menjangkaunya.

 

3. Selalu merasa kenyang

 

Untuk selalu merasa kenyang tentu bukan dengan cara makan banyak dan berlebihan. Saat makan, makanlah perlahan agar otak memiliki cukup waktu untuk memberikan sinyal bahwa Anda sudah kenyang. (KLIK: Penyuka Es Teh, Waspadai Penyakit Ini)

 

Cobalah untuk memberi waktu pada makan Anda, paling tidak 15 menit dan jangan lupa untuk perbanyak makan serat seperti buah dan sayuran untuk membantu Anda kenyang lebih lama.

 

4. Memberikan hadiah kepada diri sendiri

 

Saat Anda berhasil menurunkan berat badan, tidak ada salahnya untuk mentraktir diri Anda sendiri. Tentunya tidak dalam bentuk makanan. Hadiah bisa diganti dengan hal sederhana, misalnya membeli barang yang sudah lama Anda inginkan atau pergi ke spa.

 

5. Memantau terus kemajuan diri

 

Anda bisa mulai menuliskan ke dalam jurnal atau aplikasi mengenai sudah seberapa sering Anda melakukan olahraga atau apa saja yang sudah Anda makan. Hal ini bukan hanya bisa mengetahui seberapa maju diri Anda, tapi juga dapat membantu Anda mengetahui apa saja yang sudah Anda lakukan selama ini.