Bingung Cari Modal Usaha? Coba Tips 5 Rahasia Umum Dapat Modal Usaha

Kredit-Usaha-Rakyat-KUR.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dimana ada kemauan, di situ ada jalan. Begitu juga ketika Anda punya kemauan untuk berwirausaha. Tak jarang memang, seseorang ingin memulai usaha malah terbentur oleh modal.

 

Padahal ide bisa jadi brilian dan strategi sudah disusun sedemikian rupa. Jangan menyerah! Seperti pepatah disebutkan di awal, pasti ada jalan. Jika tidak punya modal maka mengapa tidak coba mencarinya? Ya, pasti bisa!

 

Setidaknya ada 5 rahasia sudah umum sebenarnya sebagai bagian dari cara dapat modal untuk usaha Anda. Namun, bisa jadi Anda belum ‘ngeh’ selama ini.


Cara Dapat Modal untuk Usaha

1. Crowdfunding

Crowdfunding atau urun dana terbilang mulai naik daun beberapa waktu belakangan ini, khususnya di luar negeri. Namun, tak ada salahnya Anda coba. Di Indonesia, ada beberapa situs mewadahi pengumpulan dana tersebut. Anda tinggal menuangkan ide-ide kreatif sudah bersangkar di pikiran selama ini. Jika menarik, bukan tidak mungkin investor atau rekan-rekan lainnya ingin bekerja sama.

 

2. Cari investor

Hampir mirip dengan cara pertama. Yang perlu Anda lakukan adalah mencari investor perorangan ataupun perusahaan yang punya dana lebih untuk ditanamkan. Tentu saja, bisnis atau usaha akan Anda mulai tersebut berpotensi sukses dan bermanfaat.


 

Namun tentu saja, ini bukan pinjaman uang tunai tanpa jaminan. Jaminannya adalah Anda punya tanggung jawab besar untuk menyukseskan bisnis tersebut. Kemudian, syaratnya biasanya adalah pembagian saham kepada investor.

 

3. Pinjaman dengan jaminan aset

Jika tidak mau terbebani tanggung jawab moral seperti pada poin sebelumnya, Anda bisa mengajukan pinjaman saja. Bagi Anda yang punya aset untuk dijaminkan, cukup mudah memperoleh pendanaan tersebut. Aset tersebut berupa rumah, kendaraan atau aset-aset berharga lainnya. Ajukan lewat bank ataupun lembaga keuangan non-perbankan. Namun, tentu saja, Anda harus siap apabila kehilangan aset tersebut jika ternyata tidak mampu membayar.

 

4. Pinjaman uang tanpa jaminan

Bagaimana kalau Anda tak punya aset untuk dijaminkan? Tak perlu terhambat. Sekarang produk pinjaman uang tanpa jaminan sudah banyak beredar. Akan tetapi, pilih produk kredit memang tepercaya, ya! Pun layanan ini bukan layanan pinjaman uang cepat. Meski tak mesti memberikan jaminan, Anda harus memenuhi syarat yang diberlakukan oleh pihak pemberi kredit.


Hampir semua bank sekarang menyediakan layanan kredit satu ini. Produk tersebut dikenal sebagai Kredit Tanpa Agunan atau KTA. Mereka yang memenuhi syarat adalah mereka berkewarganegaraan Indonesia, berusia minimal 21 tahun dan memiliki pekerjaan tetap.

 

5. Menabung

Cara cukup ampuh dan Anda pun tak akan begitu dibebani oleh tanggung jawab moral dan ketakutan-ketakutan lainnya. Jika usaha tersebut tidak begitu menuntut modal besar, mengapa tidak bersabar sedikit untuk menabung? Tapi yang pasti, meski Anda mencari modal dari luar sekalipun, menabung tetap penting.

 

Akan lebih bijaksana apabila Anda juga punya tabungan sehingga modal usaha tak sepenuhnya berasal dari investor ataupun pinjaman. Percayalah, ketelatenan Anda untuk menabung juga memberi manfaat bagi Anda untuk lebih telaten lagi mengelola usaha masa depan Anda.

 

Nah, sekarang tidak bingung lagi, kan, cari tahu cara dapat modal untuk usaha? Dimana ada kemauan, di situla Anda pun harus mengusahakannya agar mendapatkan jalan. Memulai usaha tidaklah sulit, apalagi memperoleh modal. Justru yang cukup sulit adalah mengelola modal tersebut dan mengembangkan usaha. Sudah siap menerima tantangan tersebut? Salam sukses!