Cara Honda Kurangi Lakalantas di Pekanbaru

Safety.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/Wilna Sari)

Penulis: Wilna Sari


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepedulian akan keselamatan berkendara masyarakat khususnya para konsumen sepeda motor Honda, PT. Capella Dinamik Nusantara (CDN) menggelar seminar keselamatan berkendara terbuka untuk berbagai kalangan dan secara khusus mengundang komunitas sepeda motor di Pekanbaru di Metropolitan City Panam, Pekanbaru.


Dalam acara ini, turut mengundang Kepala Seksi Keselamatan Dinas Perhubungan Pekanbaru Onki Hertawan, Polda Riau AKP Nurhayati dan Satria Nugroho dari Astra Honda Motor. Ketiga pemateri ini secara umum menjelaskan kepada peserta yang hadir untuk disiplin dalam berkendaraan di lalu lintas. (KLIK: Dua Pebalap Riau Beri Edukasi Bagi Komunitas Motor Honda)


“Keselamatan berkendaraan ini perlu diprioritaskan untuk diri pribadi. Karena jika diri sendiri sudah disiplin dalam berkendaraan, peluang terjadinya kecelakaan untuk diri kita pribadi juga semakin kecil. Keselamatan pengendara lain pun bisa sama-sama kita jaga,” kata Nuhayati, Minggu (20/12/2015).



Kemudian dari data Polda Riau ditegaskan lagi oleh Nurhayati, kecelakaan terbanyak berasal dari kalangan pengawai swasta ataupun karyawan. Ini disebabkan mayoritas dari mereka menggunakan kendaraan roda dua atau pengguna kendaraan umum untuk menuju lokasi kerja.


Sementara itu, Safety Training Development Analyst Satrio Nugroho mengatakan untuk membantu kepolisian ataupun dinas perhubungan dalam mengurangi lakalantas ini, pihaknya sangat mengutamakan safety riding untuk disosialisasikan kepada masyarakat dan konsumen.


“Kami sudah mengembangkan teknologi keselamatan berkendara untuk sepeda motor dan mengaplikasikannya pada produk motor generasi terbaru. Contohnya, matik Honda Beat yang mesinnya akan otomatis berhenti saat standar samping motor diturunkan atau saat motor diparkirkan,” katanya.


Lebih lanjut, Regional Head PT. CDN Sie Ceng mengatakan tujuan kegiatan Safety Riding Day di yang perdana dilakukan di Pekanbaru ini untuk meningkatkan kesadaran terhadap keselamatan berkendara di semua lapisan masyarakat. (BACA: Begini Caranya Menggunakan Akses Internet Telkomsel 4G LTE)


“Karena itu kami menggelar kegiatan ini dengan merangkul berbagai kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, orang tua, dan komunitas motor. Agar semua pihak ikut terlibat dalam menciptakan budaya berkendaraan yang aman,” katanya.


Adapun pada acara itu, ikut diselenggarakan beragam kegiatan menarik seperti lomba safety riding test,, pemutaran film edukasi keselamatan berkendara, lomba mewarnai dan menggambar, mendongeng dengan tema keselamatan berkendara, taman lalu lintas serta lomba akustik berhadiah jutaan rupiah.