Aktual, Independen dan Terpercaya


Salam Pramuka! Kemah Prestasi Terpadu Kwarcab Inhil Resmi Dibuka

Kemah-Prestasi-Terpadu-Kwarcab-Inhil.jpg

Laporan: MUHAMMAD FAISAL

RIAU ONLINE, TEMBILAHAN - Teriakan lantang "Salam Pramuka" dari Penjabat (PJ) Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Rudiyanto menjadi awal dibukanya perkemahan Prestasi Terpadu Kwartir Cabang (Kwarcab) 04.02 Gerakan Pramuka Inhil.

Salam itu pun dibalas dengan gemuruh salam serupa dari ribuan peserta upacara. Mereka juga meneriakkan kembali Salam yang menjadi kebanggaan Gerakan Pramuka.

Acara pada Kamis, 22 Februari 2018 pagi ini dipusatkan di Bumi Perkemahan Taman Sirih, Desa Pulau Palas, Tembilahan Hulu.

"Saya bangga dengan Kwarcab 04.02 Inhil sehingga bisa menyelenggarakan kegiatan seramai ini. Apalagi tema kegiatan ini mengenai Prestasi, maka dari itu saya dengan lantang menyampaikan Salam Pramuka di atas mimbar," ucap Pj Bupati Inhil.

Ia juga mengucapkan ribuan terima kasih kepada Kwarcab 04.02 Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil beserta panitia pelaksana yang tepah menyelenggarakan kegiatan perkemahan Perstasi Terpadu bagi Pramuka Penegak dan Penggalang.

"Secara tidak langsung telah mengambil andil dan berperan aktif dalam membangun Kabupaten Inhil melalui wadah gerakan pramuka," tukas Pj Bupati.

Pj Bupati berharap kepada pihak penyelenggara agar kegiatan serupa dapat ditingkatkan lagi. Frekuensi penyelenggaraan kemah dapat ditambah menjadi lebih sering.

"Untuk peserta, Saya mengimbau agar hasil positif yang diperoleh dalam kegiatan perkemahan ini bisa dijadikan pengalaman. Setelahnya, para peserta harus dapat menjadi pelopor serta motivator dalam kehidupan lingkungan gugus depan maupun lingkungan masyarakat," kata Pj Bupati.

Usai membuka kegiatan perkemahan, Pj Bupati bersama pengurus Kwarcab 04.02 Gerakan Pramuka Inhil melanjutkan dengan makan bersama di pondopo bumi perkemahan taman sirih tersebut. Pj Bupati mengaku, makan di tempat atau alam terbuka apalagi dikelilingi suasana dengan penuh gembira ini menjadi suatu hal yang luar biasa dan menjadi favoritnya sejak dulu.

Junaidi, selaku Ketua Kwartir Cabang menyampaikan, jumlah peserta yang mengikuti perkemahan Prestasi Terpadu berkisar di angka 1000 orang yang merupakan siswa bersama pembina dan pendamping dari setiap Kecamatan atau sekolah.

Pada kegiatan perkemahan ini juga terdapat serangkaian kegiatan lainnya berupa penyampaian materi Ketangkasan Pramuka, Semaphore, Morse, Hiking atau Pengembaraan, Simpul, Ikatan dan Bangunan Darurat.

“Kemah Prestasi Terpadu merupakan ajang penguatan mental dan kepribadian, selain kecakapan hidup, dimensi spiritual peserta juga terus dibangun melalui kegiatan ibadah bersama, dan kami juga mengajarkan bagaimana bisa bertanggung jawab melaksanakan sesuatu, serta kekompakan dalam tim harus dijaga,” jelas Junaidi dikala menikmati makan siang bersama Pj Bupati Inhil.

Tampak hadir pula dalam kegiatan sejumlah unsur Forkopimda dan perwakilan, Ketua Komisi II (Dua) DPRD Inhil selaku Ketua Harian Kwarcab 04.02 Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil, pengurus Kwarcab 04.02 Kabupaten Inhil lainnya beserta pengurus DKC Kabupaten Inhil. (adv)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id