Resmikan DMIJ di GAS, Bupati Minta Tiap Desa Bentuk BUMDes

Peresmian-DMIJ-di-GAS.jpg

Laporan: MUHAMMAD FAISAL

RIAU ONLINE, TEMBILAHAN - Program Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ) terus bergulir. Kali ini, kegiatan diresmikan oleh Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan di Kecamatan Gaung Anak Serka (GAS).

"Alhamdulilllah, dari informasi yang didapatkan. Kegiatan pembangunan melalui Alokasi Dana Desa program DMIJ telah selesai 100 persen. Tentunya, Ini menjadi suatu kebanggaan bagi kita," tukas Bupati, Jum'at 26 Januari 2018.

Kepada seluruh komponen masyarakat setempat, Bupati mengingatkan untuk senantiasa memaksimalkan penggunaan dan menjaga sarana dan prasarana umum yang telah dibangun.

"Tidak mudah untuk memperoleh pembangunan di sebuah daerah. Perlu perjuangan ekstra yang luar biasa. Sekarang, pembangunan itu sudah diperoleh, jaga dan manfaatkan dengan sebaik-baiknya," imbau Bupati.

Tidak hanya pembangunan yang berasal dari program DMIJ. Peresmian yang dilakukan Bupati Inhil, HM Wardan juga diperuntukkan bagi sejumlah pembangunan yang dilaksanakan melalui program P3MD.

Di GAS, Bupati Inhil, HM Wardan juga mengukuhkan 3 (tiga) Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan meninjau pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kelurahan Tanjung Harapan.

Pada kesempatan itu, Bupati Inhil, HM Wardan juga meresmikan operasional Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) 'Kapila Adhiatama'. Menurut Bupati, kehadiran BUMDes, sangat memungkinkan untuk mendorong perekonomian di kawasan perdesaan melalui ekplorasi potensi.

"BUMDes adalah suatu wadah bagi Desa untuk meningkatkan geliat aktifitas ekonomi. Banyak sekali potensi-potensi yang belum dioptimalkan di tingkat desa," ungkap Bupati.

Ia berharap, agar BUMDes yang ada menjadi sebuah badan uaaha yang mandiri. Seluruh elemen Desa diharapkan dapat bersinergi memberikan dukungan atas eksistensi BUMDes di Desa.

"Saya meyakini, kehadiran BUMDes juga akan dapat menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat di Desa tersebut. Bahkan, dari usaha-usaha yang dinaungi BUMDes akan dapat mengcover dan berkontribusi terhadap sejumlah kegiatan pembangunan di kawasan perdesaan yang bersangkutan," papar Bupati.

Dengan segala manfaat keberadaan BUMDes, Bupati menganjurkan kepada setiap Desa untuk dapat juga melakukan terobosan pembentukan BUMDes di masing-masing Desa. (adv)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id