Aktual, Independen dan Terpercaya


HM Wardan Targetkan Akses Listrik di Inhil Tuntas di 2019

Migrasi-Listrik-Prabayar.jpg

Laporan: MUHAMMAD FAISAL

RIAU ONLINE, TEMBILAHAN - Proses migrasi listrik prabayar di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) telah tuntas 100 persen di tiga kecamatan. Yakni Kecamatan Gaung Anak Serka, Tempuling, Gaung.

Perusahaan Listrik Negara (PLN) persero ranting Tembilahan pun melaksanakan peluncuran 100 persen program migrasi di tiga kecamatan ini. Yang selanjutnya akan dicanangkan ke seluruh kecamatan di Inhil.

Bupati Inhil, HM Wardan turut hadir dalam acara yang berlangsung Jum'at 19 Januari 2018 siang di Kantor Ranting PLN Persero Tembilahan.

Dalam kesempatan itu, ia mengungkapkan, program migrasi listrik dari pasca bayar ke sistem prabayar, dinilai dapat memberikan efisiensi biaya pemakaian listrik bagi masyarakat.

Dalam sambutannya, ia juga menyebut persoalan akses listrik akan tuntas di tahun 2019. Terlebih lagi karena kebutuhan energi listrik telah menjadi kebutuhan mendasar bagi masyarakat, tidak terkecuali bagi masyarakat di kawasan perdesaan.

"Dulu, masyarakat di kawasan perdesaan tidak begitu acuh dengan ketersediaan listrik. Namun, kini berbeda, listrik telah menjadi kebutuhan fundamental bagi seluruh komponen masyarakat," ujar Bupati.

Untuk itu, Bupati menyampaikan apresiasinya atas launching program migrasi listrik prabayar 100 persen yang juga sejalan dengan program Pemerintah Provinsi Riau yang berkomitmen menuntaskan persoalan kelistrikan di tahun 2019.

"Program ini merupakan solusi bagi masyarakat untuk mengelola penggunaan energi listrik sesuai kebutuhan. Ini langkah pemenuhan akses listrik yang telah menjadi kebutuhan bagi masyarakat," papar Bupati pada kegiatan yang mengangkat tema 'Keluarga Bijak, Pakai Listrik Prabayar'.

Selanjutnya, demi kelancaran program migrasi listrik prabayar 100 persen, Bupati mengimbau kepada aparatur Desa dan Kecamatan agar berperan aktif mensosialisasikan program sehingga berjalan lancar dan memberikan manfaat langsung kepada masyarakat.

"Juga kepada masyarakat, diharapkan dapat mendukung program ini. Wujud nyata dukungan, dapat dilakukan misalnya dengan mengizinkan pihak PLN menebang pohon di sekitar rumah guna menghindari kecelakaan akibat sengatan arus listrik, serta jauhi hal-hal yang dapat menyebabkan gangguan arus listrik," imbau Bupati. (adv)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id