Bakar Lahan, 2 Pekerja Kontraktor PT Satria Perkasa Agung Tersangka

pemadaman-karhutla.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/HUMAS POLDA RIAU)

RIAU ONLINE, BENGKALIS - Dua pekerja kasar atau buruh yang bertugas sehari-hari melakukan perawatan tanaman akasia milik PT Satria Perkasa Agung (SPA), di Kabupaten Bengkalis, ditetapkan sebagai tersangka.

 

Keduanya ditetapkan tersangka oleh Kepolisian Resor (Polres) Bengkalis, atas kelalaiannya menyebabkan kebakaran lahan seluas 70 hektare di areal lahan PT SPA, di Kecamatan Bukit Batu.

 

"Keduanya berinisial EL dan AS, karyawan sub-kontraktor PT SAP (Satria Agung Perkasa)," kata Kapolres Bengkalis, AKBP Aloysius Supriadi kepada wartawan, Selasa, 1 Maret 2016. 

 

(Baca Juga: Bupati Bengkalis: Ada Petinggi Perusahaan Jadi Tersangka Pembakaran Lahan

 

Ia menjelaskan, EL dan AS merupakan pekerja yang bertugas melakukan pembibitan, penjagaan dan pembersihan lahan.

 

Keduanya lalai dalam menjalankan tugasnya hingga menyebabkan kebakaran di lahan berisi tanaman Akasia tersebut. 

 

Kapolres mengatakan, kebakaran terjadi lantaran kedua tersangka lupa mematikan api sebelumnya digunakan untuk memasak. Ini menyebabkan kebakaran hebat. Kebakaran itu terus terjadi dalam sepekan terakhir hingga luasan lahan yang terbakar capai 70 hektare.

 

Aloysius mengatakan, petugas gabungan Polri, TNI dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bengkalis masih terus berusaha memadamkan kebakaran lahan.

 

Selain menetapkan dua tersangka pembakar lahan dari PT SAP, Polres Bengkalis juga menetapkan dua tersangka lainnya, NA dari Kecamatan Rupat Selatan dan MU dari Bukit Batu.

 

"Keduanya merupakan petani yang tertangkap tangan membakar lahan. Namun, MU masih ditetapkan sebagai DPO," jelasnya.

 

(Klik Juga: Baru Dua Bulan Sudah Terbakar 222,5 Ha di Riau

 

Dalam sepekan terakhir, Kabupaten Bengkalis terus dilanda kebakaran lahan dan hutan. Puluhan titik api terpantau di wilayah tersebut. Akibatnya, Pemerintah setempat menetapkan Status Siaga Darurat Karhutla selama 60 hari ke depan.

 

Kepala Bidang Damkar BPBD Bengkalis, Suiswantoro menjelaskan, jajarannya terus berupaya memadamkan api kebakaran lahan dan hutan.

 

Silakan ikuti berita kebakaran hutan dan lahan dengan klik di sini


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline