Aktual, Independen dan Terpercaya


Mabes Polri Tarik Dugaan Korupsi Pembangunan Kantor Bupati Rohil

ILUSTRASI-KORUPSI-2.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri mengambil alih dugaan korupsi pembangunan 'Gedung Putih' alias Kantor Bupati Rokan Hilir dari Direktorat Reserse dan Kriminal Khusus Kepolisian Daerah (Ditreskrimsus Polda) Riau. 

 

"Polda Riau telah melimpahkan penyelidikan dugaan korupsi pembangunan Gedung Rokan Hilir ke Mabes Polri," jelas Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Bid Humas) Polda Riau, AKBP Guntur Aryo Tejo. (Baca Juga: (Video) Inilah Aksi Brutal Polisi Keroyok Wartawan Hingga Kepala Bocor

 

Meski telah diambil alih oleh Bareskrim Polri, Guntur didampingi kasubdit III Direktorat Kriminal Khusus Polda Riau, AKBP Wahyu Kuncoro menjelaskan, Polda akan tetap berkoordinasi guna mengungkap dugaan korupsi pembangunan gedung senilai Rp 133 miliar tersebut.

 

Menurut Guntur, diambilalihnya penyelidikan itu merupakan inisiatif Bareskrim Polri. Ia mengatakan, sebelumnya Polda Riau telah melakukan penyelidikan dengan memeriksa sejumlah saksi termasuk saksi ahli seperti BPKP dan kontraktor PT Hutama Karya serta PT Indici.

 

Gedung Pemkab Rohil setinggi delapan lantai tersebut dibangun menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dengan tahun jamak (MUltiyears) selama tiga tahun, 2010-2013 oleh pengembang PT Hutama Karya dan Indica. (Klik Juga: Zuhdy Berpapasan dengan Polisi Diduga Keroyok Dirinya

 

Dalam kontrak awalnya, pembangunan hanya enam lantai. Tak lama kemudian, pembangunan diduga dipaksakan menjadi sembilan lantai.

 

Begitu diresmikan dan digunakan, gedung serba cat putih dan berkubah itu miring dan terancam ambruk. Pembangunan gedung disinyalir menelan biaya Rp 133 miliar itu dibangun pada masa jabatan Bupati Annas Maamun, sebelum sang bupati terpilih menjadi Gubernur Riau dan kemudian menjadi pesakitan KPK atas dugaan suap lahan sawit di Riau.

 

Gedung putih disebut merupakan gedung Pemkab termegah di Indonesia tersebut berlokasi di Jalan Lintas Bagan Siapi Api, Kecamatan Bangko dan dibangun hanya 100 meter dari Sungai Rokan. (Lihat Juga: Tim Labfor Pelajari Penyebab Kebakaran Ramayana dari CCTV

 

Sepintas, gedung megah tersebut tampak seperti "United States Capitol" atau gedung Capitol Amerika Serikat, kantor kongres negeri Paman Sam.

 

Sebelumnya, Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Rohil, Syarifudin, sempat membantah gedung tersebut tidak miring. "Saya pastikan kantor bupati tersebut tidak miring. Sudah diukur tim ahli," kata Syarifudin.


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline