Perbaikan Jalan Rusak di Pekanbaru Bertahap, Muflihun: Tak Seperti Balikkan Telapak Tangan

Perbaikan-jalan-rusak-di-pekanbaru11.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Perbaikan jalan rusak di Kota Pekanbaru masih terus berlanjut hingga kini. Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun menyebut, proses perbaikan tidak bisa sekaligus, melainkan dikerjakan secara bertahap.

"Kami pelan-pelan. Kami tidak mungkin rasanya memperbaiki jalan seperti membalikkan telapak tangan," ucap Muflihun, Rabu 17 April 2024.

Pemerintah kota sudah melakukan overlay sekitar 14 ruas jalan pada tahun lalu. Overlay akan dilanjutkan dengan beberapa ruas jalan lagi tahun ini.

Muflihun mengaku sudah berkoordinasi dengan Pemprov Riau dalam menangani sejumlah persoalan di Kota Pekanbaru. Pemprov Riau juga fokus untuk mendukung perbaikan-perbaikan infrastruktur di Kota Pekanbaru.


"Kami akan bahas dengan Pemprov Riau. Kewenangan kota, itu akan kami coba selesaikan. Kami sudah sampaikan kepada Penjabat (Pj) Gubernur SF Hariyanto agar bisa dibantu Kota Pekanbaru ini," kata Muflihun.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, Edward Riansyah mengatakan, ada dua ruas jalan yang diperbaiki pada bulan Ramadan 1445 H, yaitu Jalan Purwodadi dan Jalan Taman Karya.

Kontraktor pelaksana dalam proyek ini yaitu PT Lutvindo Wijaya Perkasa. Jalan Purwodadi yang akan dilakukan overlay sepanjang 2,9 kilometer dengan nilai Rp 4 miliar. Sedangkan panjang ruas Jalan Taman Karya yang diperbaiki sepanjang 2,7 kilometer dengan nilai Rp 4,5 miliar.

Anggaran untuk perbaikan ruas jalan rusak di sana bersumber dari APBD Kota Pekanbaru. Pengerjaan overlay jalan sepanjang hampir tiga kilometer ini bakal berlangsung selama selama 120 hari atau sekitar empat bulan.

"Kita mendorong agar perbaikan ruas jalan rusak di sana bisa segera tuntas. Pengerjaan base di satu lajur dahulu, setelah itu kita lanjutkan ke lajur sebelahnya," ujarnya.