Jelajah UMKM Riau 2023, Dukung Perekonomian Tumbuh dan Berkembang

SF-Hariyanto12.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Dalam upaya meningkatkan sektor UMKM di Bumi Lancang Kuning, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) menyambut baik diadakannya program Jelajah UMKM Riau 2023.

 

Program ini nantinya akan meliput kegiatan para UMKM, diantaranya melihat potensi UMKM, kendala yang dialami UMKM, tantangan yang dihadapi UMKM, hingga peluang yang diperoleh UMKM. 

 

Kepala BI Provinsi Riau, Muhamad Nur mengatakan jelajah UMKM Riau 2023 adalah momentum dalam memotret kondisi terkini UMKM di Riau. Sehingga diharapkan bisa memberikan manfaat bagi UMKM supaya lebih meningkatkan semangatnya. 

 

"Kami (Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau) menyambut baik diadakannya Jelajah UMKM Riau 2023," ujar Muhamad Nur, Rabu 6 November 2023.

 

Menurut M. Nur, program Jelajah UMKM Riau 2023 merupakan ide bagus, bahkan belum banyak dilakukan oleh daerah lain di Indonesia. Ini menjadi cara atau upaya untuk membantu sektor UMKM semakin tumbuh dan berkembang.

 


"Jadi UMKM itu selain nanti untuk kepentingan di Indonesia, juga bisa untuk memenuhi pasar-pasar yang sangat terbuka di negara-negara tetangga dan negara lainnya," jelasny. 

 

M Nur menjelaskan, pihaknya juga mempunyai strategi dalam pengembangan UMKM, diantaranya pertama, bagaimana UMKM nantinya bisa menjadi UMKM yang ekspor. 

 

Kedua, UMKM yang mengikuti perkembangan teknologi atau UMKM digital dan ketiga, UMKM pangan strategis. 

 

"Pangan strategi ini kalau kita biarkan nantinya juga akan sangat mengganggu kegiatan perekonomian kita. Ini juga menjadi fokus kita. Bagaimana nanti pangan kita juga terus meningkat," pungkasnya. 

 

Sebelumnya, Program Jelajah UMKM Riau 2023 dilepas secara resmi oleh Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau SF Hariyanto, di halaman Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Riau, pada Selasa 5 Desember 2023.

 

SF Hariyanto menyebut program Jelajah UMKM Riau 2023 yang diinisiasi Media Bisnis Indonesia Pekanbaru merupakan momentum strategis untuk meningkatkan sektor UMKM di daerah.

 

Nantinya program ini akan berkelana selama satu minggu untuk melihat kondisi

dan perkembangan UMKM yang ada di Riau.

 

Keterangan foto (istimewa) : Peresmian Jelajah UMKM Riau oleh Sekdaprov Riau SF Hariyanto