Angkatan Muda Muhammadiyah Riau Siap Sukseskan Pemilu 2024

Angkatan-Muda-Muhammadiyah-Riau.jpg
(Angkatan Muda Muhammadiyah Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Demi mendukung kesuksesan Pemilu 2024, Angkatan Muda Muhammadiyah melaksanakan sarasehan Penguatan Demokrasi dan Pembangunan Integritas Penyelenggara Pemilu 2024 bertempat di Auditorium Lt.03 Gedung KH Ahmad Dahlan Universitas Muhammadiyah Riau, Senin 17 April 2024.

Angkatan muda Muammadiyah adalah organisasi otonom Muhammadiyah yakni Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM), Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (DPD IMM), Pimpinan Wilayah Nasyiatul Aisyiyah (PWNA), Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PWIPM) Provinsi Riau, 

Kegiatan ini dihadiri oleh penyelenggara pemilu, Anggota KPU dan Bawaslu KPU Kabupaten/Kota di Provinsi Riau dan kader-kader AMM Juga.

Dalam sambutannya, ketua PWPM Riau Firdaus menyampaikan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya merawat Demokrasi Indonesia dalam wujud Pemilu, "Merawat demokrasi dalam wujud Pemilu merupakan kewajiban setiap generasi muda, termasuk di dalamnya peran Angkatan Muda Muhammadiyah", terang Firdaus, pemuda asli Indragiri Hilir itu.

Ia meneruskan, hal ini merupakan kewajiban setiap generasi muda termasuk didalamnya angkat muda Muhammadiyah, melalui sarasehan ini, sekali lagi kami menegaskan kembali komitemen kami untuk menjadi bagian dari penegakan Demokrasi. Bersama Lembaga penyelenggara pemilu dan berbagai unsur masyarakat kami siap menyukseskan munajad Demokrasi Pemilu 2024 yang berintegritas, "tutupnya".

Sarasehan ini mengundang narasumber dari Anggota Bawaslu Provinsi Riau, Amiruddin Sijaya, S.Pd., MM, DR. Hasanudin M.Si akademisi UR, dan Hj.Hikmani ketua PWA Provinsi Riau di pandu oleh moderator Suyoto, M.PA.


Dalam kesempatannya, Amiruddin Sijaya menyampaikan peran penting dari penyelenggara pemilu, "penyelenggara pemilu berperan penting untuk memastikan bahwa peroses penyelenggaraan pemilu berjalan sesuai dengan peraturan perundangan-undangan".

Anggota Bawaslu Provinsi Riau meneruskan bahwa, "Peran organisasi kepemudaan seperti AMM ini perlu juga ikut andil dalam menyukseskan pemilu 2024. Dengan adanya suporting system dari lembaga external penyelenggara diharapkan tingkat kepercayaan masyarakat kepada penyelenggara pemilu akan semakin meningkat. Jangan sampai masyarakat tidak percaya dengan proses PEMILU yang diselenggarakan. Oleh karena itu angkatan muda Muhammadiyah harus pro aktif dalam mengawal proses PEMILU, mencerahkan masyarakat sehingga tidak terpengaruh oleh informasi yang dapat menghambat jalanya pemilu, "tutur Amiruddin Sijaya".

Selain itu Hasanudin dalam kesempatannya menyampaikan penguatan demokrasi harus diiringi dengan pembangunan integritas pemilu, "penguatan demokrasi harus diiringi dengan pembangunan integritas penyelenggara sehingga pemilu yang berkualitas dapat terwujud salah satunya bila penyelenggara pemilu memiliki integritas dan komitmen membangun demokrasi. Spirit membangun Integritas pemilu inilah yang harus kita wujudkan bersama saling merangkul dan menguatkan karena prinsip dari demokrasi itu adalah dari kita dan akan kembali ke kita".

Lebih lanjut Hj.Hikmani dalam materi nya, menegaskan jika peran perempuan dalam pemilu tidak boleh pudar, "dalam momentum pemilu perempuan harus mendorong peran dan penguatan perempuan dalam suksesi demokrasi baik menjadi perwakilan rakyat ataupun penyelenggara pemilu, meskipun itu berat kita harus tetap berusaha, karena bagaimanapun juga demokrasi bukanlah demokrasi tanpa adanya keterlibatan perempuan dalam dunia politik".

 

Puncak dari Kegiatan tersebut ditutup dengan sambutan Ketua PWM Riau DR. Hendri Sayuti, ia menyampaikan bahwa Angkatan Muda Muhammadiyah berperan aktif dalam mengawal Demokrasi,

"Jika Garuda itu lambang Negara Indonesia maka Muhammadiyah adalah salah satu sayapnya, untuk garuda bisa terus terbang harus ada bulu baru yang siap untuk tumbuh dan itu adalah Angkatan Muda Muhammadiyah. Maka dari itu peran aktif AMM dalam mengawal Demokrasi harus terus pupuk serta dirawat, salah satunya adalah dengan berkomitmen mengawal Pelengaraan Pemilu 2024 yg berintegritas JURDIL dan LUBER" tutupnya.

Kegiatan ditutup dengan dengan pemotongan nasi tumpeng dalam rangka resepsi milad ke-59 Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah dan buka puasa bersama.