3 Tahun Syamsuar-Edy, Ini 7 Tuntutan Mahasiswa Harus Dipenuhi Dalam 2 Tahun

ketua-bem-kharuddin.jpg
(muthi/RIAUONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ketua BEM Universitas Riau (UNRI), Kharuddin mewakili Aliansi Mahasiswa UNRI menyampaikan tujuh pernyataan sikap dalam rangka tiga tahun masa jabatan Syamsuar-Edy.

Kharuddin menjabarkan poin pertama, Gubernur Riau (Gubri) dan Wakil Gubernur Riau (Wagubri) diminta berkomitmen penuh menuntaskan visi misinya dalam waktu dua tahun ke depan.

Poin kedua, menuntaskan persoalan minyak goreng dan solar di Riau, serta stabilitas sembako mengingat akan memasuki bulan ramadan.

"Hari ini, ibu-ibu antre minyak goreng, bapak-bapak antre solar. Padahal di Riau di atas minyak di bawah minyak, namun di Riau masih terjadi kelangkaan minyak," katanya di Gedung Daerah Balai Serindit, Senin, 21 Maret 2022.

Ketiga, menuntut pergerakan SDM di Riau, seperti lapangan pekerjaan, serta beasiswa S1, S2, S3 dan pendukung lainnya. Keempat, menuntuk agar Gubernur Riau segara menunjuk BUMD untuk pengelolaan PI 10 Persen Blok Rokan.


“Kelima, menyelesaikan persoalan infrastruktur jalan, jembatan, fasiltas umum lainnya di daerah pedesaan maupun perkotaan,” ujarnya.

Keenam, meminta Gubernur Riau harus meningkatkan fasilitas pendidikan serta kesejahteraan guru honorer di seluruh Provinsi Riau.

“Ketujuh, menuntut Gubernur Riau berkomitmen penuh untuk memperbaiki fasilitas kesehatan di daerah-daerah pedesaan,” pungkasnya.

Syamsuar menegaskan, secara umum, janji-janji kampanyenya telah bertahap ditunaikan. Baik dari segi pendidikan, kesehatan, maupun infrastruktur.

"Apa yang kami janjikan sebagian sudah kami jalankan. Sudah ada yang dilaksanakan. Tapi adek-adek mahasiswa ini kan bilang, kalau masih ada satu saja yang belum terlaksana dianggap belum dilaksanakan semua. Ini ada persepsi berbeda saja," pungkasnya.

Diketahui, Pemerintah Provinsi Riau mengadakan silaturrahmi dengan Aliansi Mahasiswa UNRI di Geduang Daerah Balai Serindit.

Dalam silaturrahmi ini, Gubernur Riau didampingi oleh Wakil Gubernur Riau, Sekretaris Daerah (Sekda), Kadisdik, Kadiskes, Kadis Pangan, Tanaman Pangan & Holtikultura, Kadis PUPR, Kadisbun, Ka.Bappeda, Kadis Perikanan & Kelautan, Kadisperindagkop UKM, Kadisnakertransduk, Kadiskominfo, Kasatpol PP, Kaban Kesbangpol, Karo Adpim & Karo Kesra.