4 Manfaat Apel Hijau Bagi Kesehatan Tubuh

apel-jikau.jpg
(pixabay.com)

RIAUONLINE - Bukan hanya bercita rasa manis dan menyegarkan, tetapi manfaat apel untuk kesehatan juga tidak perlu diragukan lagi.

Diketahui bahwa apel hijau termasuk buah yang rendah kalori dan mempunyai berbagi vitamin serta mineral, seperti vitamin B6, vitamin A, kalium, dan vitamin C.

Adanya kandungan antioksidan seperti pektin dan flavonoid di dalamnya juga baik bagi kesehatan dan mampu membantu mencegah berbagai penyakit.

Merangkum dari Alodokter dan Sehatq, berikut beberapa manfaat apel hijau yang baik untuk kesehatan tubuh.

1. Menjaga Kesehatan serta Fungsi Jantung

Mengonsumsi apel secara rutin dipercaya mampu menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Mengonsumsi buah apel juga dapat membantu tubuh dalam menurunkan kolesterol dalam darah. Selain itu juga mampu mencegah penyumbatan serta peradangan pada dinding pembuluh darah arteri.


Manfaat tersebut diperoleh dari kandungan pektin, antioksidan, dan fitonutrien yang berfungsi dalam mencegah kolesterol menumpuk pada lapisan dinding pembuluh darah.

2. Menjaga Kesehatan Organ Hati

Apel hijau juga diyakini dapat membantu menjaga kesehatan organ hati. Menurun salah satu riset, buah apel hijau juga mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi. Kandungan tersebut dapat mencegah terjadinya radikal bebas agar tidak merusak organ hati. Dengan begitu, maka organ hati akan tetap terjaga kesehatannya dengan baik.

3. Baik untuk Mata dan Tinggi Antioksidan

Selain wortel ternyata apel juga menjadi buah yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Hal tersebut karena apel hijau memiliki kandungan vitamin A yang berfungsi untuk membantu menjaga kesehatan mata.

Selain itu, kandungan antiokidan phenolic yang terdapat pada apel hijau juga lebih tinggi daripada apel merah. Kandungan tersebut dapat memperlambat penuaan, melindungi kulit, dan juga mengurangi peradangan.

4. Melindungi Kesehatan Tulang

Manfaat lain dari buah apel hijau yaitu dapat melindungi kesehatan tulang. Hal ini karena kandungan kalsium, vitamin K, dan potasium merupakan beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan untuk menyokong kesehatan tulang. Apel hijau menjadi buah yang mempunyai senyawa-senyawa tersebut sehingga dengan rajin mengonsumsinya, kesehatan tulang Anda akan tetap terjaga.

Semua jenis apel memang mempunyai khasiat yang sama untuk kesehatan. Akan tetapi, apel hijau dikenal lebih unggul dari segi kandungan serat dan antioksidannya dibandingkan dengan apel merah.

Artikel ini sudah tayang di yoursay.id, Suara.com