Harimau Betina yang Terkam Malta Berumur 3 Tahun, Kakinya Membusuk

Harimau-terkam-Malta-Akfarel-Nduru2.jpg
(BBKSDA Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Harimau Sumatera yang diduga menerkam seorang remaja 16 tahun di Desa Teluk Lanus, Kecamatan Sungai Apit, Siak, tertangkap di dalam kandang jebak.

 

Pelaksana Harian Kepala Balai Besar Konsevasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Hartono mengatakan,  dari hasil pengecekan terhadap kandang jebak yang berjarak 50 meter dari ditemukannya jasad korban, tim menemukan harimau telah masuk ke dalam box trap.

Harimau terkam Malta Akfarel Nduru

Harimau yang diduga terkam Malta Akfarel Nduru masuk perangkap/BBKSDA

“Harimau berjenis kelamin betina, berumur sekitar tiga tahun. Dari hasil observasi tim medis di lapangan, terdapat luka jerat di kaki depan sebelah kanan yang mengalami pembengkakan serta pembusukan jaringan,” ucap Hartono, Kamis, 9 September 2021.

 

Hartono menambahkan, selanjutnya satwa dilindungi ini akan dilakukan observasi dan pengobatan di Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera di Dharmasraya,” kata Hartono.

 


Sebelumnya, BBKSDA Riau turun ke lokasi terjadinya peristiwa ditemukannya korban inisial MA. Tim berada di Desa Teluk Lanus untuk mengumpulkan keterangan dan identifikasi lokasi kejadian.

 

 

 

“Saat itu tim menemukan jejak harimau dan tengkorak kepala korban tidak jauh dari lokasi ditemukannya jasad MA. Tim kemudian memasang dua box trap dan tiga kamera trap di lokasi,” tuturnya.

 

Selanjutnya, BBKSDA Riau mengimbau kepada masyarakat untuk tidak memasang jerat yang dapat membahayakan satwa dilindungi.