Hemat Tagihan Listrik, DLH Kuansing Mulai Pasang Meteran Lampu Jalan

pju.jpg
(istimewa)

 

Laporan: ROBI SUSANTO

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau menargetkan tahun 2021 lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) sudah dipasangi meteran listrik.

Menurut Pelaksana tugas (Plt) Kepala DLH Kuansing Rustam didampingi Kasubag Pertamanan, Beni Miprasadi, apabila ini dilakukan akan dapat mengurangi beban dan lebih menguntungkan Pemda.

"Sekarang PJU yang sudah dipasangi meteran sudah ada di beberapa titik dan dampaknya sangat dirasakan terutama dapat menghemat anggaran pembayaran tagihan listrik setiap bulannya," ujar Rustam didampingi Beni, kepada RIAUONLINE.CO.ID, Senin, 16 Desember 2019.

Rustam mengatakan, jumkah PJU di Kuansing ada sekitar 3.164 titik dan terbanyak berada di kota Teluk Kuantan mencapai sekitar 910 titik.

"Hanya tiga kecamatan yang tidak memiliki PJU di Kuansing di antaranya Hulu Kuantan, Kuantan Hilir Seberang dan Pucuk Rantau," katanya.

Setiap bulan katanya, pembayaran listrik PJU ini ke PLN bisa mencapai Rp 850 juta. Jumlah tersebut terbilang sangat besar untuk pembayaran listrik PJU tersebut yang diterima PLN.

Seandainya PJU ini nantinya menggunakan sistem meteran tentunya pembayaran listrik PJU ke PLN akan lebih sedikit lagi diterima PLN. Dan sisa uang pembayaran tagihan listrik ini bisa masuk menjadi PAD Kuansing.

"Kalau nanti semua PJU sudah menggunakan meteran dipastikan pembayaran listrik ke PLN akan semakin sedikit. Pemda bisa dapat ratusan juta setiap bulan,".

Dari hitung-hitungan DLH Kuansing terjadi penghematan pembayaran tagihan listrik PJU lebih 50 persen kepada PLN. Sisa dari pembayaran tagihan listrik lampu PJU tersebut bisa masuk menjadi PAD Kuansing.

Karena setiap bulannya warga sudah membayar retribusi untuk PJU saat pembayaran tagihan listrik. "Retribusi yang dibayar warga itu kembali lagi untuk daerah dan menjadi PAD lebih besar," katanya.

Seandainya sistem ini bisa terealisasi tentu Pemda paling diuntungkan dan akan lebih banyak menerima PAD.

"Ini lumayan besar bisa masuk ke PAD. Kalau kini yang sudah dipasangi meteran itu tagihan listrik PJU yang dibayar jauh berkurang dari biasanya," katanya