Nama Desa Ini Bikin Merinding, 7 Desa dengan Nama Unik di Indonesia

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Pernahkah kamu mendengar desa dengan nama unik seperti Desa Siluman atau Desa Pocong?. Karena terdiri dari ribuan pulau dan 33 provinsi, Indonesia tentu memiliki desa yang sangat banyak jumlahnya. Namun, dari sekian banyak desa, ada juga yang bernama unik.

Ini dia, nama-nama desanya 

Desa Kebocoran

Desa dengan nama unik pertama bisa kamu temukan di Jawa Tengah tepatnya di Kecamatan Kedung Banteng, Kabupaten Banyumas. Bernama Desa Kebocoran, bukan berarti kamu bisa menemukan banyak rumah warga yang bocor di sana, ya.
Nama unik desa ini sendiri tak lepas dari sejarah di masa lampau. Diketahui kalau penamaan desa-desa di Kabupaten Banyumas tidak dapat dilepaskan dari cerita rakyat Babad Kamandaka.


Babad Kamandaka adalah kisah jaman kerajaan yang menceritakan perjuangan Raden Banyak Catra, diyakini sebagai putra Prabu Siliwangi, Raja Pajajaran. Sementara itu, ada pula cerita versi lain yang mengatakan bahwa desa ini tidak pernah mengalami kekeringan atau kekurangan air, meski di musim kemarau.

Desa Pocong

 

Desa Pocong

Saat mendengar nama desa ini pasti akan membuat bulu kudukmu berdiri. Ya, bernama Desa Pocong, desa unik ini bisa kamu temukan di Kecamatan Tragah, Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

Tak ada catatan literatur yang pasti terkait nama dari desa tersebut. Namun, ada satu cerita yang beredar di masyarakat.
Konon, nama unik itu muncul karena adanya penampakan pocong setelah ada orang yang meninggal di desa tersebut.

Meski begitu, lupakan semua anggapan yang bisa membuat orang ciut nyali, bahkan enggan untuk datang ke desa ini. Karena Desa Pocong ternyata punya pemandangan yang eksotis dan terkenal akan wisata air pemandiannya.

Desa Kasmaran

Kamu tentu pernah merasakan yang namanya kasmaran atau sedang dimabuk cinta. Ketika hal ini terjadi, kamu pasti akan melakukan semua yang terbaik untuk calon pujaan hati.


Ngomong-ngomong soal kasmaran, ternyata kamu bisa menemukan desa unik bernama Desa Kasmaran, lho. Desa ini terletak di Kecamatan Widasari, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.


Konon, nama desa ini diambil dari peristiwa perebutan lahan antara Kerajaan Sumedang Larang dan Pangeran Darma yang kala itu memimpin Indramayu. Mengutip history of Cirebon, untuk merebut sebagian wilayah yang diambil oleh Raja Sumedang, Pangeran Darma mengubah penampilannya bak seorang wanita.


Raja Sumedang Larang yang sangat mudah terbius kecantikan oleh wanita dimanfaatkan kelemahannya oleh Pangeran Darma. Singkat cerita, setelah Pangeran Darma berhasil merebut kembali daerah kekuasannya tersebut, ia pun melarikan diri.


Desa Kasmaran diambil dari peristiwa kasmarannya Raja Sumedang Larang terhadap Pangeran Darma.

Desa Pacar Peluk

Kalau di Indramayu ada Desa Kasmaran, di Blora, Jawa Tengah kamu bisa menemukan Desa Pacar Peluk. Unik, kan?
Konon, nama unik tersebut diambil karena di desa ini banyak ditumbuhi tanaman pacar air.


Mbah Wonoyudo --seseorang yang dianggap membuka lahan pertama kali di desa tersebut dan melakukan pembabatan hutan di sekitar desa.

Mbah Wonoyudo menjumpai banyak tanaman pacar air berwarna merah, merah muda, ungu, dan putih.
Akhirnya, tanaman-tanaman tersebut dimanfaatkan warga desa sebagai pewarna kuku atau kutek.

Desa Siluman

Selain Desa Pocong, ternyata ada desa lain yang punya nama cukup menyeramkan. Desa yang terletak di Kecamatan Pabuaran, Subang, Jawa Barat, ini dikenal dengan nama Desa Siluman.


Meski terkesan menyeramkan, sejarah nama desa ini justru tidak ada sangkut pautnya dengan siluman. Sebab, nama Desa Siluman ini berasal dari sebuah sungai kecil yang bernama Ci Silukman.

Dusun Koplak

Desa dengan nama unik berikutnya bisa kamu temukan di Umbulmartani, Ngemplak, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bernama Dusun Koplak, tentu kamu semua pasti tahu makna dari kata tersebut, sesuatu yang dianggap konyol, bahkan agak bodoh dan biasanya dipakai untuk mengejek seseorang.


Meski namanya terkesan nyeleneh, hal ini bukan karena warganya punya cara berpikir seperti nama desa tersebut , tapi bisa jadi warganya memang cuma hobi ngelawak saja.

Desa Tutup

Terakhir, meski bernama Desa Tutup, desa yang ada di Kecamatan Tunjungan Kabupaten Blora, Jawa tengah ini masih buka, kok.
Mengutip laman resmi Desa Tutup Blora, asal usul nama desa tersebut berasal dari sebuah tanaman, yaitu Pohon Tutup.

Selain itu, karena desa ini merupakan daerah yang tertutup dan akhirnya dinamakan Desa Tutup.
Wah, mana desa dengan nama terunik menurut kalian?

Artikel ini sudah tebrit di Kumparan.com