Seekor Gajah Betina di Siak Terluka Kena Jerat Perangkap

Gajah-Liar-terluka.jpg
(BKSDA Riau)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau sukses menyelamatkan nyawa gajah yang terpisah dari rombongan. Gajah betina berusia 4 tahun tersebut luka akibat tekena jeratan.

Kepala BBKSDA Riau, Suharyono mengatakan bahwa untuk menyelamatkan nyawa binatang yang dilindungi itu, dirinya bahkan langsung menurunkan dua orang dokter andalannya untuk menuju lokasi.

"Kami menurunkan dua dokter hewan, satu paramedis, dua mahout, Kepala Resort Siak dan seorang anggota Kesatuan Pengelolaan Hutan Konservasi Siak untuk segera melakukan penyelamatan atas satwa kita itu," katanya, Sabtu, 25 Agustus 2018.

Dengan menurunkan tim terbaiknya, luka bekas jeratan yang berada di kaki depan kananya berangsur-angsur pulih membaik dan gajah pun dapat kembali mengejar rombongan kawanannya.

Sementara itu, salah satu dokter yang menangani langsung gajah malang ini, drh. Rini Deswita mengatakan setelah melihat kondisi gajah, dirinya langsung mengambil tindakan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

"Setelah kami melakukan observasi terutama dari perkiraan berat gajah kami langsung melakukan pembiusan, pemberian infus, pelepasan jerat, pengobatan luka, pemberian obat anti peradangan, antibiotik sampai pemberian vitamin serta obat cacing," terangnya.

Dua jam kemudian Rini menambahkan bahwa sang gajah kembali disadarkan untuk melihat kondisi dirinya setelah diberi penangan cepat.

"Setelah kami selesai gajah kembali disadarkan. Saat tersadar satwa tersebut langsung berdiri," imbuhnya bangga.

Penyelamatan ini bermula dari laporan yang mereka terima dari call center pada Kamis, 23 Agustus 2018 bahwa di sekitar estate Mandau Hutan Tanaman Industri milik PT. RAPP Kecamatan Sungai Mandau, Kabupaten Siak terdapat satu ekor Gajah yang terluka.

Setelah mendapat laporan, Tim Rescue (Quick Respon) langsung bergerak dan menemukan gajah malang itu pada keesokan harinya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id