Pengurus Daerah Masyarakat Ekonomi Syariah Siak Resmi Dilantik

Masyarakat-Ekonomi-Syariah-Siak.jpg
(Hendra Dedafta/Riau online)

Laporan Hendra Dedafta

RIAUONLINE, PEKANBARU-Sebanyak 51 orang Pengurus Daerah Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Kabupaten Siak Periode 1442 - 1445 H / 2021 - 2024 M, dilantik oleh Ketua Umum Pengurus Wilayah Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Provinsi Riau Akhmad Mujahidin.

Plantikan digelar di Balairung Datuk Empat Suku Komplek Perumahan Abdi Praja, Rabu 27 Oktober 2021.

Bupati Siak Alfedri, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi sekaligus tahniah kepada Pengurus Daerah Masyarakat Ekonomi Syariah Kabupaten Siak yang baru saja dikukuhkan.

Dengan harapan MES Kabupaten Siak bisa menjalankan amanah sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART). 

"Semoga dengan periode kedua ini terjadi peningkatan dalam pembinaan keumatan dalam mengembangkan ekonomi syariah di kabupaten siak, dan mensyariahkan ekonomi masyarakat sesuai dengan tuntunan ajaran islam berlandaskan firman Allah dalam Al-quran dan Hadis (Qiyas Ijma)," ungkapnya. 


Ketua Umum Pengurus Daerah Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Kabupaten Siak Husni Merza menjelaskan, MES Kabupaten Siak fokus pada beberapa hal, di antaranya, Mewujudkan silaturahmi diantara pelaku - pelaku ekonomi, perorangan, dan lembaga yang berkaitan dengan ekonomi syariah.

Membangun sinergi dan kemitraan diantara perorangan ataupun lembaga - lembaga yang terlibat dalam kegiatan ekonomi syariah.

"Kita ingin mendorong pengembangan aktivitas ekonomi syariah menjadi pilihan utama bagi masyarakat, dalam kegiatan usaha termasuk dalam hal investasi maupun pembiayaan. Selanjutnya meningkatkan hubungan antara anggota dan otoritas yang terkait dengan kegiatan ekonomi dan keuangan syariah," jelasnya.

Tentu hal ini sejalan dengan visi misi Bupati Siak dan Wakil Bupati Siak, lanjut Husni, yakni untuk mewujudkan Kabupaten Siak sebagai Kabupaten yang amanah, sejahtera dan lestari dalam lingkungan masyarakat yang agamis dan berbudaya melayu.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Pengurus Wilayah Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Provinsi Riau Akhmad Mujahidin mengatakan, dengan tekad yang kuat dan ikrar yang sudah dibacakan bersama, maka terpenuhi lah tiga karakter dalam memimpin sebuah organisasi.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Bupati Siak Alfedri, PLH Ketua KPU Provinsi Riau Joni Suhaidi, Wakil Ketua Dekranasda Kabupaten Siak Ananda Laila Putri, KPUD dan BAWASLU Siak.

Kemudian Ketua Umum Majelis Ulama Kabupaten Siak Ahmad Muhaimin, Pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Siak, serta Pimpinan Perusahaan dan Perbankan Kabupaten Siak.