Siap-siap! 1 November Dimulai Operasi Zebra 2017

Razia-Tilang.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ZUHDY FEBRIYANTO)

Laporan: DEDY PURWADI

RIAU ONLINE, TEMBILAHAN - Operasi Zebra 2017 akan dilaksanakan serentak mulai 1 November 2017 mendatang. Termasuk di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), operasi kepolisian terpusat ini juga akan dilaksanakan di waktu yang sama.s

Informasi ini disampaikan Kabag Ops Polres Indragiri Hilir Komisaris Polisi Maison, SH, yang didampingi oleh Kasat Lantas AKP Jusli, SH, saat rapat koordinasi Internal, di Ruang Tri Brata Polres Indragiri Hilir, Kamis, 26 Oktober 2017.

Kabag Ops menyebutkan bahwa Operasi Zebra ini, adalah sebagai Operasi Cipta Kondisi dengan tujuan menciptakan kamseltibcar lantas menjelang Natal dan Tahun Baru 2018, menimalisir terjadinya kemacetan dan kesemrautan kota serta menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Baca Juga!

Tekan Kriminalitas, Polisi Lakukan Operasi Di Pelabuhan Tembilahan

Operasi yang mengedepankan fungsi Lantas ini, mengutamakan penegakan hukum bagi pelanggar lalu lintas, namun upaya - upaya preemtif dan preventif, berupa himbauan dan sosialiasi, juga terus digalakan.


"Selain dari Personel Polri sendiri, operasi ini juga melibatkan Personel stakeholder terkait, dari POM TNI, Sat Pol PP, Dishub, Kesehatan dan Jasa Raharja," tambah Kabag Ops.

Dalam kesempatan itu, Kasat Lantas mengatakan bahwa target dari Operasi Zebra ini adalah pengendara kendaraan bermotor yang tidak tertib berlalu-lintas.

Diantaranya tidak menggunakan helm, tidak membawa surat-surat baik SIM dan STNK, serta pengemudi kendaraan bermotor yang memiliki kelengkapan kendaraan.

Misalnya penggunaan knalpot non standar, kendaraan bermotor yang menggunakan lampu isyarat lalu lintas (rotator/blitz) dan sirine, kendaraan bak terbuka yang mengangkut orang, serta penggunaan helm non SNI.

"Target lain, adalah pengendara kendaraan bermotor yang berpotensi menimbulkan kecelakaan fatal seperti melawan arus," beber AKP Jusli.

Diharapkan kepada masyarakat Tembilahan dan Kabupaten Indragiri Hilir, dapat melengkapi kendaraannya, dengan perlengkapan yang standar, dan membawa surat-surat kendaraan, saat melakukan perjalanan.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id