Syamsuar Takjub, Petani Desa Rantau Sakti Rohul Manfaatkan Limbah Sawit untuk Listrik

Syamsuar776.jpg
(Dok. Diskominfotik Riau)

RIAU ONLINE, ROHUL - Gubernur Riau, Syamsuar, bertolak ke Desa Rantau Sakti, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) untuk mengetahui dan mengenalkan sistem pertanian di sana kepada desa-desa yang di Provinsi Riau.

Pemimpin di Tanah Melayu itu disambut oleh perangkat desa dan warga di Kantor Desa Rantau Sakti. Sambutan dan ucapan selamat datang pun disampaikan oleh Kades Rantau Sakti Purwadi, Camat H Mastur, serta Wakil Bupati Rohul Indra Gunawan.

Sang kades pun berkisah, dominan warga desa di wilayahnya bekerja sebagai petani sawit. Di sisi lain, wilayah tempat kerjanya terdapat Perkebunan Kelapa Sawit (PKS). Oleh warga, katanya, dijadikan limbah sawit yang dapat menghasilkan gas untuk listrik. Namanya, Pembangkit Listrik Tenaga Bio Gas (PLTBG).

"Sudah lebih-kurang 10 tahun ini listrik di Desa Rantau Sakti disuplai oleh PLTBG. Sehingga, dapat memberikan penerangan bagi desa kami. Bahkan desa tetangga juga kebagian," ungkapnya.

Selain itu, lanjut Purwadi, limbah sawit pun dijadikan pupuk untuk areal pertanian. Tak disangka, pupuk hasil limbah sangat berpengaruh pada proses bercocok tanam, seperti cabai.

"Kami tidak lagi bergantung pada pupuk kimia. Cabai yang dapat dipanen 3-4 ton per hari," terangnya.


Dalam kunjungan kerja (kunker) tersebut, Syamsuar tampak takjub dengan perkembangan pertanian di Desa Rantau Sakti. Syamsuar mengapresiasi usaha sang kades untuk menyejahterakan petani di Desa Rantau Sakti. Terbukti, banyak petani setempat yang sukses meraup untung.

"Untuk diketahui sistem pertanian di Desa Rantau Sakti telah terlaksana terintegrasi atau integrated farming system. Makanya saya sengaja datang ke sini untuk melihat langsung seperti apa sebenarnya," kata Syamsuar saat sambutan kunker kemarin Kamis, 6 Juli 2023.

Hal lain yang menjadi perhatian Syamsuar, yakni upaya masyarakat setempat membangun peternakan ayam petelur dan bebek di area perkebunan untuk menambah penghasilan.

"Kalau desa-desa di Riau bisa mencontoh petani di Desa Rantau Sakti ini, tentu tak akan ada lagi yang namanya inflasi di Riau. Karena kebutuhan cabe terpenuhi, begitu juga telur dan daging. Ini bisa dijadikan role model," kata Gubri Syamsuar usai melakukan peninjauan.

Syamsuar bahkan memberikan kabar baik kepada para petani yang selama ini memasok listrik dari hasil limbah sawit. Syamsuar menyebut listrik dari PLN akan segera mengalir di Desa Rantau Sakti ini.

Tak hanya itu, kata Syamsuar, pihaknya juga tengah merencanakan penambahan atau pembangunan SMA di Desa Rantau Sakti.