Tungku Smelter di Morowali Meledak, 12 Orang Tewas

Tungku-smelter-di-morowali-meledak.jpg
(Istimewa via kumparan)

RIAU ONLINE - Pabrik PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) di area PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) Kecamatan Bahodopi, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng), meledak pada Minggu, 12 Desember 2023.

Ledakan terjadi pada satu di antaranya tungku smelter. Sebanyak 12 orang dilaporkan meninggal dunia.

"Jumlah korban saat ini sebanyak 51 orang. Dua belas orang menjadi korban jiwa pada peristiwa, terdiri dari 7 tenaga kerja Indonesia dan 5 Tenaga Kerja Asing," kata Dedy Kurniawan selaku Media Relations Head PT IMIP, dalam keterangannya, dikutip dari kumparan.

Dedy menyebut ada 39 orang korban mengalami luka ringan dan berat yang saat ini tengah mendapatkan penanganan medis.


Menurut video yang beredar, ledakan membuat api menyembur hebat. Tampak sejumlah pekerja melompat dari ketinggian untuk menyelamatkan diri. Beberapa pekerja lainnya juga berupaya menyelamatkan rekan-rekannya.

Dedy menuturkan kecelakaan terjadi sekitar pukul 05.30 WITA. Berawal dari kecelakaan sejumlah pekerja saat memperbaiki tungku dan pemasangan pelat di bagian tungku. Sehingga terjadi ledakan.

"PT IMIP sebagai perusahaan yang menaungi kawasan lingkar industri Morowali sangat berduka sedalam-dalamnya atas musibah ini, terutama keluarga para korban yang terdampak dari peristiwa ini," kata Dedy.

Kebakaran berhasil dipadamkan pada pukul 09.10 WITA> Para korban pun telah dibawa ke klinik 1 dan 2 PT IMIP.

"PT IMIP terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk menginvestigasi kejadian ini, termasuk penanganan korban. PT IMIP akan menanggung seluruh biaya perawatan bagi korban dan memenuhi hak dan kewajiban para korban," pungkasnya.